SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA PERSPEKTIF SEJARAH KRITIS IBNU KHOLDUN

Ananda Sholih Nasution

Abstract


Sejarah pendidikan Islam tidak terlepas dari pengaruh internal dan eksternal terhadap perkembangan dan pertumbuhan pendidikan Islam, kedua pengaruh tersebut secara akumulatif menyatu menjadi satu dan menghasilkan suatu bentuk pendidikan Islam yang utuh di Indonesia. Di sisi lain keberadaan sejarah pendidikan Islam juga telah lama menjadi bahan kajian yang dilakukan oleh beberapa sejarawan, baik dari dalam maupun dari luar negeri. Sudah banyak hasil penelitian yang menginformasikan pendidikan Islam di Indonesia secara lengkap dan komprehensif. Berdasarkan fakta tersebut, kajian sejarah pendidikan Islam perlu dianalisis dan diterapkan untuk dijadikan bahan referensi dan referensi oleh umat Islam sendiri untuk lebih memahami perjalanan dan pertumbuhan pendidikan Islam itu sendiri ditinjau dalam perspektif Ibnu Khaldun.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i2.13186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.