Implementasi Manajemen Kelas

Rika Yuliana, Meylina Husni

Abstract


pada saat ini telah banyak beragam cara dalam melaksanakan program pengelolaan kelas, agar dapat menimbulkan rasa aman, nyaman, tentram dan kondusif, antara pendidik (Guru) dan murid saat di dalam kelas. yang mana semua itu harus di rencanakan dengan sebaik mungkin agar dapat mencapai hasil yang maksimal. oleh karena itu, perlu adanya hubungan kerjasama yang baik diantara individu tersebut. tetapi di sisi lain sebenarnya gurulah yang harus perlu bekerja lebih keras untuk menjalankan perencanaan dan pengelolaan di kelas. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi manajemen kelas, karena masa sekarang ini seorang guru atau tenaga pendidik perlu punya tips atau strategi dalam menghidupkan suasana nyaman di kelas, serta dapat membuat peserta didik merasa tertarik dan ingin terus belajar tanpa rasa malas. Dan adapun Metode penelitian yang penulis pakai ialah kualitatif dengan pendekatan studi literatur, yang berasal dari rujukan buku, dan lain-lain. Kata Kunci : Guru, Siswa, Manajemen

Full Text:

PDF 372-385

References


Abdul Mukhsin, candra Wijaya & Ali Imran Sinaga. (2018). Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Muslim Di SMP IT Nur Ihsan Islamic Full Day School Medan. EDU RILIGIA. 2(1). 117.

Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri & Zain, Aswa. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djabidi, Faizal. (2016). Manjemen Pengelolaan Kelas. Malang: Madani.

Fathurrohman, Muhammad dan Sulistyorini. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik. Yogyakarta: Teras.

Hamalik, Oemar. (1987). Media untuk pembelajaran. Jakarta: PAUD dan CV Rajawali.

Ifroh Nasution, Syamsu Nahar & Syaukani. (2017). Kompetensi Padagogi Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran PAI Di SD IT Riad Madani deli Serdang. EDU RILIGIA. 1(1). 2.

Mufarokah, Annisatul. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Teras.

Pritulu, Juliana E. (2021). Implementsi Manajemen Berbasis Sekolah. Diakses tanggal 27 oktober 2022. Dari website https://osf.io/ybeuq/download.

Rahman M. (1998). Manajemen Kelas. Jakarta: Depdikbud. Ditjen. Dikti Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Radno. (2009). Pengelolaan Kelas Yang Dinamis. Jogjakarta: Kanisius.

Ridwan Hisda, Ahyar Zein, & Syamsu Nahar. (2017). Implementasi Pembelajaran Tafsir Al-Quran Pada Fakultas Agama Islam Universitas Dharmawangsa Medan. EDU RILIGIA, 1(3), 322.

Rohani, Ahmad. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta; rineka Cipta.

Santrock. (2009). Buku 2 terjemahan Diana Angelicia. Jakarta: Salemba Humanika.

Sari, Purnama Nur. (2017). Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Tematik Integratif Di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Sopiatin. (2010). Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v6i4.13086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.