MEMBERDAYAKAN EPISTEMOLOGI PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Full Text:
PDF 94-111References
Abdullah, Amin. 1999. Dialog kritik dan identitas agama, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Al-Attas, S. M. Naquib. 1995. Islam dan Filsafat Sains, Terj. Saiful Muzani, Bandung: Mizan. Islam:SuatuRangkaPikirFilsafatPendidikan Islam, (Bandung:Mizan, 1984)
Aziz, Abdul. 2006. Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam (Surabaya: Elkaf,)
Azra, Azyumardi. 1999. Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana Ilmu
Darajat, Zakiyah. 1992. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Diskusi tentang peran guru sebagai yang terpenting dari seluruh sistem pendidikan dapat dibaca dalam H.A.R. Tilaar, Multicultural Education and Its Challenges in Indonesia, makalah pada International Seminar on Multicultural Education, Cross Cultural Understandding for Democracy and Justice, (Yogyakarta 26 Agustus 2005)
Faisol. 2013. Gus Dur & Pendidikan Islam: Upaya Mengembalikan Esensi Pendidikan di Era Global. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fazlur Rahman, 1982. Islam and Modernity, Transformation of An Intelectual Tradition, (Chicago: The University of Chicago press)
Ghofur, Abdul. 2016. Konstruksi Epistemologi Pendidikan Islam (Studi Atas Pemikiran Kependidikan Prof. H. M. Arifin, M. Ed, Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, Vol. 2, No. 2.
Ichsanul Amal, dalam Fuaddudin, 1999. Dinamika Pemikiran Islam di Perguruan Tinggi: Wacana tentang Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Ismail, dkk, 2001. Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jusuf Mudzakkir, Abdul Mujib, 2006. Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta: Kencana Prenada Media.
Ma’arif, Ahmad Syafi’i. 2009. Posisi Sentral Al-Qur’an dalam Studi Islam. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya. dalam Makki, Epistemologi Pendidikan Islam: Memutus Dominasi Barat terhadap Pendidikan Islam, Al-Musannif, Vol. 1, No. 2 (Juli- Desember 2019)
Ma’arif, Syamsul. 2007. Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mulkan, Abdul Munir. 1993. Paradigma Intelektual Muslim: Pengantar Filsafat Pendidikan Islam dan Dakwah. Yogyakarta: Sipres.
Qomar, Mujamil, 2005.Epistemologi Pendidikan Islam: dari Metode Rasional hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga.
Sallis, Edward. 1993. Total Quality Management in Education, New Jersey: Prentice- Hall, Inc
Sori Siregar (penj.), 1996. Horizon Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka. dan Chabib Thaha dan Abdul Mu’thi, 1998. PBM PAI di Sekolah, eksistensi dan proses belajar mengajar. Yogyakarta:IAIN Walisongo bekerja sama dengan penerbit Pustaka Pelajar)
Sulaiman. 2018. Penerapan Konsep Epistemologi Pendidikan Islam dalam Pandangan Al-Ghazali, November, https://www.researchgate.net/publication/329151811
Zar, Sirajuddin. 2014. Filsafat Islam, Filosof dan Filsafatnya. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v5i2.12913
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.