DESAIN PEMBELAJARAN IMLA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TULISAN ARAB BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AR-RAUDLATUL HASANAH MEDAN

Abdul Aziz S Syamsu Nahar, Mardianto

Abstract


Abstract: This research (1) to know the Instructional al-Imla> 'in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan, (2) to carry out the process implementation of Instructional in instructional design al-Imla> 'in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan, (3) Obtaining a result of the implementation of instructional design on Instructional al-Imla> in improving writing skills for students of Arabic writing in Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan and (4) Finding the supporting and hindering factors the on implementation Instructional instructional design al-Imla> in improving writing skills of Arabic writing for students in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah Medan. The results this research from implementation of design Instructional model Dick, Carey and Carey on al-Imla> instructional 'in improving writing skills of Arabic writing for students in Pondok Pesantren Al-Raudlatul Hasanah field is as follows: (1) The purpose of General Instructional al-Imla>, (2) The particular purpose of Instructional al-Imla> (3) .Planning Instructional strategy al-Imla> ‘', (4) .The material Instructional al-Imla> for teacher Subjects>', (5) .The Structure instructional design model on Instructional al-Imla> ‘'.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pembelajaran al-Imla>' dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, (2) Melaksanakan proses implementasi desain pembelajaran pada pembelajaran al-Imla>' dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan, (3)dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok
Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan dan (4) Menemukan faktor-faktor
pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan desain pembelajaran pada pembelajaran al-Imla>‘ dalam meningkatkan kemampuan menulis tulisan Arab bagi santri di Pondok Pesantren Ar-Raudlatul Hasanah Medan. Pendekatan yang digunakan pada Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif menggunakan kombinasi dari metode deskriptif-kualitatif dan eksperimen sederhana yaitu R & D (research and delovement). Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1). Tujuan Instruksional Umum pembelajaran Imla>’, (2). Tujuan Instruksional Khusus pembelajaran Imla>’, (3). Rancangan Strategi pembelajaran Imla>’, (4). Bahan Ajar guru pembelajaran Imla>’, (5). Pengembangan model desain pembelajaran pada pembelajaran Imla>’ .

Full Text:

PDF

References


Al-Quran dan terjemahannya (Departemen Agama RI), Pusat Pengadaan Kitab Suci Al-Quran, Jakarta, 1989.

Aminy, Nur „Alim Khalil, Ta‟allamu al-„Arabiyyah, Fainnaha min dinikum, Cet ke-,India: Muassasah „Ilmi wa al-Adab, 2015

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama, 2008

Hornby, A.S.. Oxford Advanced Learner‟s Dictionary, United Kingdom: Oxford

University Press, 2015

Romdhoni, Ali, Al-Quran dan Literasi; sejarah rancang bangun ilmu-ilmu

keIslaman, Depok: Literatur Nusantara, 2013.

Ma‟luf , Luis, al-Munjid , Beyrouth: Dar el-Machreq sarl, 2008

Mu‟assasah Najd al-Ta‟limiyyah, al-Syamil fi tadribi al-Muallimin- Taraiq

muqtarihah li tadrisi al-lughah al-„Arabiyah, Qahirah: Dar al-waraq li at-

Tiba‟ah wa al-Nasyr, 2004.

Mubarakfuri, Shaifurraman, ar-Rahiq al-Makhtum: Perjalanan Hidup Rasul yang

Agung Mumammad, Jakarta: Kantor Atase Agama Kerajaan Saudi

Arabia, 2001

Munjiah, Ma‟rifatul, Kaidah-kaidah Imla‟; Teori dan Praktik, Malang: UIN-Maliki

Press, 2015

Pribadi, Benny A., Model Desain sistem pembelajaran, Jakarta: Dian Rakyat, 2009

Thalib, Muhammad, al-Quran al-karim Tarjamah Tafsiriyyah, Cet ke-2,

Yogyakarta: Ma‟had an-Nabawy, 2011

Suparman, Atwi. Desain Instruksional Modern, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2014

Sanipah Faisal. Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1982

Satori, Jam‟an dkk, Metodologipenelitian Kualitatif, Bandung:Alfabet, 2011

https://www.almaany.com/ar/dict/ar-ar/ إملاء

Yahya Mir Ilmy, Dalil qawa‟id al-Imla‟ wa Maharatuha, Kwait: Wazir al-awqaf wa

syu‟uni al-Islamiyah, 2014

Zarkasyi, Imam, at-Tarbiyah Amaliyah, Ponorogo: KMI Darussalam Gontor, 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.