IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 MEDAN

Ibrahim Sirait

Abstract


Abstrak: Abstract: This research is generally intended to describe the Implementation of moral education in Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. This research is a qualitative research using naturalistic method. The informants in this research are principal, two teachers of morality, and one teacher of general study. The results showed that the implementation of moral education in the development of character education in Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan run well, effective and conducive although not yet perfect. The value of character developed by morality teacher in moral education activity that is religious value, honest, tolerance, discipline, hard work, curiosity, semagat kebangsaan, love homeland, appreciate achievement, reading, social care. The learning of moral education in the classroom is pursued by direct learning model. The evaluation process is carried out every day in the learning and learning process.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi pendidikan akhlak di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode naturalistik, Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dua orang guru bidang studi akidah akhlak, dan satu orang guru bidang studi umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan akhlak dalam pengembangan pendidikan karakter di madrasah Aliyah Negeri 1 Medan berjalan dengan baik, efektif dan kondusif walaupun belum sempurna. Nilai karakter yang dikembangkan guru akhlak dalam kegiatan pendidikan akhlak yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, semagat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, gemar membaca, peduli sosial. Pembelajaran pendidikan akhlak di dalam kelas ditempuh dengan model pembelejaran langsung. Proses evaluasi dilaksanakan setiap hari dalam proses belajar dan pembelajaran.
Kata kunci: Pendidikan Akhlak, Pengembangan Pendidikan, Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Cet, 2 Jakarta, Rineka Cipta, 2003.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Islam, Cet 1 Bandung, Remaja Rosdakarya, 2012.

Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islam Bandung, Citapustaka Media Perintis, 2015.

Aminuddin, Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Cet 10 Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2012.

Jalaluddin, TeologiPendidikan, Cet 2 Jakarta, Raja Grafindo Persada, 2002.

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Cet. 18 Bandung, Remaja Rosdakarya, 2000.

Mahjuddin, Akhlak Tasawuf Jakarta: Kalam Mulia, 2009.

Mukni‟ah, Materi Pendidikan Agama Islam untuk Perguruan Tinggi Umum Jogjakarta, Ar-Ruzz Media, 2011.

Reflinda, “Pendidikan Akhlak/Karakter dalam Perspektif Filsafat Pendidikn Islam.” dalam Jurnal AL-Irsyad, Vol II 2013.

Ridwan Abdullah Sani, Pendidikan Karakter di Pesantren, Cet 1 Bandung, Citapustaka Media Perintis, 2011.

Rosdiana A. Bakar, Pendidikan Suatu Pengantar, Cet. 2 Bandung, Cita Pustaka Media Perintis, 2009

Salminawati, Filsafat Pendidikan Islam. Cet. 2 Bandung, Citapustaka Media Perintis, 2015.

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian Jakarta, Rineka Cipta, 1990.

Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Cet. 2 Bandung, Remaja Rosdakarya, 2013.

Syaiful Sagala, Etika dan Moralitas Pendidikan. Cet 1 Jakarta, Kencana, 2013.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wiji Suwarno, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan Jogjakarta, AR-RUZZ,2006.

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Cet. 2 Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.