IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA
Abstract
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Akhlakul Karimah Siswa.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Yatimin. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Amzah,
Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak), terj. Farid Ma’ruf, cet. Kedelapan, Jakarta:
Bulan Bintang, 1995.
Asmaran. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan
Kemasyarakatan (LSIK), 1994.
Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi di Tengah
Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012.
Fadlillah, M.Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI,
SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta : Ar Ruzz Media, 2014.
Hamdan. Pengembangandan Pembinanaan Kurikulum (Teoridan Praktek
Kurikulum PAI). Banjarmasin: 2009.
Hafid, Anwar dkk. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Hamalik, Oemar. Dasar-DasarPengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja
Rosdakarya, 2007.
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum: Teori&Praktik, Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 2014
Iliyas, Yunahar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan
Pengalaman Islam (LPPI), 2002.
Jalaluddin. Teologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dokumen
Kurikulum 2013, (dokumen, tidak diterbitkan).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013
Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah
Dasar/Madrasah Ibtidaiyah,(dokumen, tidakditerbitkan)
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 68 Tahun 2013
Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah
Pertama/Madrasah Tsanawiyah, (dokumen, tidak diterbitkan).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum
Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, (dokumen, tidak
diterbitkan).
Edu Riligia: Vol. 1 No. 4 Oktober-Desember 2017
Fahrudin: Implementasi Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan
Menengah, (dokumen, tidakditerbitkan).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, (dokumen,
tidakditerbitkan).
Kunandar.Guru Profesional Impelementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikas Guru. Jakarta: Raja Grafindo
Persada, 2007.
Lampiran Permendikbud RI No. 81 ATahun 2013 Tentang Implementasi
kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran
Mulyasa, E. Pengembangan dan Penerapan Kurikulum 2013. Bandung: Remaja
Rosdakarya, 2013.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Persfektif Islam.
Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya, 2012.
MoleongLexyJ. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi Bandung: Remaja
Rosdakarya, cet. 30, 2012.
Methode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan
R&D. Bandung: CV. Alfabeta, cet.7, 2009.
Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya: 2013.
Munir, Abdullah. Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia.
Jakarta: Kamus Pusat Bahasa, 2001.
Sagala,Syaiful. Kemampuan Prodesional guru dan Tenaga Kependidikan.
Bandung : CV Al Fabeta, 2009.
Sanjaya,Wina. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta; Prenada Media, Cet. 3, 2010.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
Alfabeta, 2012.
Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai
Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1996.
Fahrudin: Implementasi Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti
Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral Intelektual, Emosional,
dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi
Aksara, 2006.
Sugiyono, MetodePenelitian Kualitatif Naturalistik. Yogyakarta: Alfabeta, 2013.
Sugiyono, MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1072
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.