IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA

Fahrudin Fahrudin

Abstract


Abstract: The purpose of this paper was conducted to describe three things. First, About the planning of learning Islamic Religious Education And Character Curriculum 2013 in an effort to cultivate akhlakul karimah of students in Public Vocational Secondary Schools 1 Pematangsiantar. Based on the research findings obtained that information. First, the planning of learning Islamic Religious Education And Character Curriculum 2013 in the effort to cultivate akhlakul karimah students in Public Vocational Secondary Schools 1 Pematangsiantar done by preparing the steps and material akhlakul karimah on learning planning of Islamic Religious Education And Character which includes; preparation of annual programs, semester programs, weekly and daily programs, and in the preparation of the Lesson Plans (RPP). Second, The process of Learning Islamic Religious Education And Character Curriculum 2013 in effort akhlakul karimah of student cultivation in Public Vocational Secondary Schools 1 Pematangsiantar done with; the implementation of Islamic Religious Education And Character -based characteristic learning, the application of learning with habituation and exemplary approach, guidance of familiarity at the time of learning pree test, akhlakul karimah cultivation on the formation of competence, and akhlak planting at post test. Third, the assessment of learning Islamic Religious Education And Character Curriculum 2013 in an effort to cultivate akhlakul karimah of students in Public Vocational Secondary Schools 1 Pematangsiantar done with authentic assessment that includes assessment of attitude competence, knowledge competency assessment, and skills assessment related to mastery akhlakul karimah.
Kata Kunci: Implementasi Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Akhlakul Karimah Siswa.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Yatimin. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an, Jakarta: Amzah,

Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak), terj. Farid Ma’ruf, cet. Kedelapan, Jakarta:

Bulan Bintang, 1995.

Asmaran. Pengantar Studi Akhlak. Jakarta: Lembaga Studi Islam dan

Kemasyarakatan (LSIK), 1994.

Azra, Azyumardi. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi di Tengah

Tantangan Milenium III, Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012.

Fadlillah, M.Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran SD/MI,

SMP/MTs, & SMA/MA. Yogyakarta : Ar Ruzz Media, 2014.

Hamdan. Pengembangandan Pembinanaan Kurikulum (Teoridan Praktek

Kurikulum PAI). Banjarmasin: 2009.

Hafid, Anwar dkk. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Hamalik, Oemar. Dasar-DasarPengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja

Rosdakarya, 2007.

Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum: Teori&Praktik, Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 2014

Iliyas, Yunahar. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan

Pengalaman Islam (LPPI), 2002.

Jalaluddin. Teologi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dokumen

Kurikulum 2013, (dokumen, tidak diterbitkan).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013

Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah

Dasar/Madrasah Ibtidaiyah,(dokumen, tidakditerbitkan)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 68 Tahun 2013

Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah

Pertama/Madrasah Tsanawiyah, (dokumen, tidak diterbitkan).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum

Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, (dokumen, tidak

diterbitkan).

Edu Riligia: Vol. 1 No. 4 Oktober-Desember 2017

Fahrudin: Implementasi Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah, (dokumen, tidakditerbitkan).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lampiran

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Nomor 66 Tahun 2013 Tentang Standar Penilaian Pendidikan, (dokumen,

tidakditerbitkan).

Kunandar.Guru Profesional Impelementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikas Guru. Jakarta: Raja Grafindo

Persada, 2007.

Lampiran Permendikbud RI No. 81 ATahun 2013 Tentang Implementasi

kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran

Mulyasa, E. Pengembangan dan Penerapan Kurikulum 2013. Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2013.

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Persfektif Islam.

Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya, 2012.

MoleongLexyJ. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi Bandung: Remaja

Rosdakarya, cet. 30, 2012.

Methode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatifdan

R&D. Bandung: CV. Alfabeta, cet.7, 2009.

Mulyasa, E. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya: 2013.

Munir, Abdullah. Menjadi Kepala Sekolah Efektif, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Bahasa Indonesia.

Jakarta: Kamus Pusat Bahasa, 2001.

Sagala,Syaiful. Kemampuan Prodesional guru dan Tenaga Kependidikan.

Bandung : CV Al Fabeta, 2009.

Sanjaya,Wina. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta; Prenada Media, Cet. 3, 2010.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:

Alfabeta, 2012.

Shihab, M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhu’i Atas Pelbagai

Persoalan Umat, Bandung: Mizan, 1996.

Fahrudin: Implementasi Kurikulum 2013 PAI dan Budi Pekerti

Sjarkawi, Pembentukan Kepribadian Anak Peran Moral Intelektual, Emosional,

dan Sosial Sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri. Jakarta: Bumi

Aksara, 2006.

Sugiyono, MetodePenelitian Kualitatif Naturalistik. Yogyakarta: Alfabeta, 2013.

Sugiyono, MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: Alfabeta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i4.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.