Konsumsi Buah, Sayur Dan Ikan Berdasarkan Sosio Demografi Masyarakat Pesisir Provinsi Sumatera Utara

Petti Siti Fatimah, Putra Apriadi Siregar

Abstract


Gaya Hidup merupakan perilaku seseorang yang ditunjukkan dalam aktivitas, minat dan opini khususnya yang berkaitan dengan citra diri.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis gambaran gaya hidup  masyarakat pesisir Belawan I, Metode penelitian menggunakan analisis data dilakukan secara Deskriftif yaitu Tabulasi Silang (crosstab) dari program SPSS versi 21.0 dengan menggunakan desain penelitian Cross Sectional.Responden berjumlah 90 responden. Hasil penelitian ini didapatkan karakteristik responden Laki-laki terbanyak sebesar 63,1% dengan rentang usia terbanyak pada usia 41-50 tahun sebesar 25,2%. Lalu pekerjaan tertinggi yang banyak mengonsumsi buah yaitu pekerjaan Pegawai Swasta sebesar 25.00%, Anggota keluarga yang banyak mengonsumsi buah yaitu pada jumlah anggota keluarga 2 dan 8 sebesar 33.33%, Serta tingginya tingkat pendidikan mengkonsumsi buah yaitu pada pendidikan SMA sebesar  44.44 %.Dengan penelitian ini diharapakan kepada masyarakat untuk menjaga pola makan, melakukan aktivitas fisik secara teratur.


Full Text:

PDF

References


Ali Rosidi, Enik Sulistyowati (2012). Peran pendidikan dan Pekerjaan ibu dalam konsumsi Sayur anak Prasekolah.Program Studi S1 Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang, Jurusan Gizi Poltekkes Semarang.

FAO.(2010). Food consumption-food groups. Retrieved August 24th, 2011 from http://www.fao.org/fileadmin/templates/ess/documents/food_security_stati stics/FoodConsumptionFoodGroups_en.xls

Kementerian Kesehatan RI, Pedoman Gizi Seimbang. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI; 2014.

Kusnadi, (2008).Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Jember

Ogden. (2010). The psychology of eating: from healthy to disordered behavior 2 nd.Blackwell Publishing.

Putra Kharisma Windi (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi buah dan sayur pada anak sekolah dasar.Skripsi Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Surjaningrum, E. (2010). Pengetahuan dan Perilaku Merokok di Kalangan Pemuda dan Pelajar. Paper dipresentasikan dalam Seminar Bahaya Rokok bagi Kesehatan, FEB Unair, Surabaya

Walker. (2005). Eat, play and be healthy. McGraw Hill Warschburger. (2005). The unhappy obese child. International Journal of Obesity, 29, 127-129.

WHO.(2003). Fruit and vegetable promotion initiative. Retrieved March 10th 2012, from http://www.who.int/hpr/NPH/fruit_and_vegetables/fruit_and_vegetable_re port.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/contagion.v2i1.7630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Petti Siti Fatimah, Putra Apriadi Siregar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 
Contagion: Scientific Periodical Journal of Public Health and Coastal Health by Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.