KOMUNIKASI PEMASARAN BANCASSURANCE SYARIAH MANULIFE DALAM MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT BERASURANSI DI KOTA MEDAN

Ahmad Thamrin Sikumbang, Candra Wijaya, Taufik Rachman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang komunikasi pemasaran bancassurance syariah Manulife dalam memasarkan produk asuransinya kepada masyarakat, termasuk didalamnya pendekatan tatap muka dalam proses pemasarannya. Tantangan dalam memasarkan produk asuransi syariah juga diulas dalam Penelitian ini. Teori Individual Difference, Teori Social relationship dan Teori Antarpribadi adalah beberapa pijakan landasan teoretis dalam penelitian ini yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data seperti wawancara dan observasi. Hasil penelitian komunikasi pemasaran tenaga pemasar bancassurance syariah Manulife dalam memasarkan produk asuransi syariah kepada masyarakat yaitu : menunjukkan kalau dalam melakukan proses pemasaran produk asuransi syariah ini, tenaga pemasar menggunakan langkah-langkah penjualan yang terstruktur dalam menarik minat nasabah bergabung, metode tatap muka atau face to face juga menunjukkan tingkat keberhasilan yang tinggi dalam berkomunikasi karena seratus persen nasabah yang dijumpai tenaga pemasar selalu menggunakan metode ini. Tantangan yang dihadapi tenaga pemasar dalam memasarkan produk asuransi syariah ini antara lain kurangnya informasi secara utuh tentang asuransi, muncul nya beberapa keberatan yaitu tidak butuh asuransi, tidak percaya dengan asuransi, merasa sanggup menanggung semua kebutuhan saat ini dan belum memiliki cukup dana.

 

Kata Kunci : Komunikasi Pemasaran, Bancassurance Syariah.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Hasil Wawancara Peneliti dengan Regional Bussiness and Development Manager, Haldriansyah, Tanggal 27 Maret 2019 Pukul 15.00 WIB di kantor Manulife Indonesia

Hasil Wawancara Peneliti dengan Financial Specialist, Fandi, Tanggal 29 Maret 2019 Pukul 16.50 WIB di kantor Manulife Indonesia

Hasil Wawancara Peneliti dengan Financial Specialist, Dita, Tanggal 25 Maret 2019 Pukul 08.30 WIB di Bank Muamalat Cabang Sudirman

Hasil Wawancara Peneliti dengan Regional Bussiness and Development Manager, Haldriansyah, Tanggal 27 Maret 2019 Pukul 14.30 WIB di Kantor Manulife Indonesia.

Hasil Wawancara Peneliti dengan Financial Specialist, Fandi, Tanggal 29 Maret 2019 Pukul 17.20 WIB di Kantor Manulife Indonesia.

Hasil Wawancara Peneliti dengan Financial Specialist, Dita, Tanggal 25 Maret 2019 Pukul 13.20 WIB di Bank Muamalat Cabang Sudirman.

Hasil Wawancara Peneliti dengan Regional Bussiness and Development Manager, Haldriansyah, Tanggal 27 Maret 2019 Pukul 15.45 WIB di Kantor Manulife Indonesia.

Hasil Wawancara Peneliti dengan Financial Specialist, Fandi, Tanggal 29 Maret 2019 Pukul 18.10 WIB di Kantor Manulife Indonesia.

Hasil Wawancara Peneliti dengan Financial Specialist, Dita, Tanggal 25 Maret 2019 Pukul 14.40 WIB di Bank Muamalat Cabang Sudirman.

https://pakarkomunikasi.com/teori-komunikasi-interpersonal

http://communicator12.blogspot.com/2011/04/social-relationships-theory.html

http://www.irmanfsp.com/2015/08/teori-individual-different-atau.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.