BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI INTERPERSONAL WALI KELAS DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDS IT KUNTUM BUMI RANTAUPRAPAT

Hasrat Efendi Samosir, Zainun, Khoirun Nisa Zein Lubis

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the form, role of supporting and inhibiting factors and
the process of interpersonal communication of homeroom teachers in motivating student learning at YPIT
Kuntum Bumi Rantauprapat. The method used in this study is a qualitative method is research that uses
a natural setting with the intention of interpreting phenomena that occur and is done by involving various
existing methods. The results of this study The form of homeroom interpersonal communication which is
manifested in an attitude of openness, empathy, encouragement, positive attitude and equality has influenced
students’ motivation in many ways. The role of homeroom Interpersonal Communication which is
manifested in an attitude of openness, empathy, encouragement, positive attitude and equality has influenced
student motivation in many ways, namely making students want to know more about the lesson,
learning even though there is no homework / repeat, pay attention to the lesson well when the teacher
explain the material, the task given encourages students to learn, the explanation given makes students
better understand the lesson, encourages students to be more advanced, the teacher’s attitude makes
students eager to come to school, makes students eager to learn and fierce competition for achievement.
Supporting factors in interpersonal communication that occur between teachers and students in teaching
and learning activities is the presence of cleric intimacy with students who make the teaching and learning
process more comfortable, and students can more easily understand what the cleric said. The inhibiting
factor in interpersonal communication that occurs between teachers and students in teaching and learning
activities in the classroom is the cleric in providing material does not distinguish or always consider the
same between students who are quick to understand and who are slow to understand the material, so
students who are difficult to to understand the material can not take lessons which is given. Interpersonal
Communication Process Guardian Class in Motivating Student Learning at YPIT Kuntum Bumi Rantauprapat
is Sensation, Association, Perception, Memory and Thinking.
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk, peran faktor pendukung dan penghambat
serta proses komunikasi interpersonal wali kelas dalam memotivasi belajar siswa di YPIT Kuntum Bumi
Rantauprapat.YPIT itu sendiri merupakan singkatan dari Yayasan Pendidikan Islam Terpadu yang terletak
di Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif adalah penelitian yang menggunakan latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena
yang terjadi dan dilakukan dengan melibatkan berbagai metode yang ada. Hasil dari penelitian ini Bentuk
komunikasi antarpribadi wali kelas yang diwujudkan dalam sikap keterbukaan, empati, dorongan, sikap
positif dan kesetaraan telah mempengaruhi motivasi siswa dalam banyak hal, Peran Komunikasi Interpersonal wali kelas yang diwujudkan dalam sikap keterbukaan, empati, dorongan, sikap positif dan
kesetaraan telah mempengaruhi motivasi siswa dalam banyak hal yaitu membuat siswa ingin tahu lebih
jauh terhadap pelajaran, belajar meskipun tidak ada PR/ulangan, memperhatikan pelajaran dengan baik
ketika guru menjelaskan materi, tugas yang diberikan mendorong siswa untuk belajar, penjelasan yang
diberikan membuat siswa lebih memahami pelajaran, mendorong siswa untuk lebih maju, sikap guru
membuat siswa bersemangat datang ke sekolah, membuat siswa semangat untuk belajar dan persaingan
ketat untuk meraih prestasi. Faktor pendukung dalam komunikasi interpersonal yang terjadi antara guru
dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar adalah adanya keakraban ustadzah dengan siswa yang
menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih nyaman, dan siswa pun dapat lebih mudah memahami
apa yang disampaikan ustadzah. Faktor penghambat dalam komunikasi interpersonal yang terjadi antara
guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas adalah ustadzah dalam memberikan materi
tidak membedakan atau selalu menganggap sama antara murid yang cepat paham dan yang lambat
untuk memahami materi, sehingga murid yang sulit memahami materi tidak bisa mengikuti pelajaran
yang di berikan. Proses Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Dalam Memotivasi Belajar Siswa di YPIT
Kuntum Bumi Rantauprapat adalah Sensasi, Asosiasi, Persepsi, Memori dan Berpikir.
Kata Kunci : Komunikasi, Interpersonal, Walikelas, Motivasi, Belajar, Bentuk, Peran,Proses.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Undang – undang nomur 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional Bab I Pasal I Ayat I

Undang – Undang Nomor 20 tahun 2003tentang system Pendidikan Nasional Bab XI Pasal 40 Ayat 2.

Aw, Suranto,Komunikasi Sosial Budaya (Yogyakarta: Graha Ilmu,2010)

———————-, Komunikasi Interpersonal ( Yogyakarta : Graha Ilmu, 2011 )

Al-‘Aththar, Muhammad Ahmad,The Magic of Communication, (Jakarta: Zaman, 2012)

Daradjat, Zakiah, dkk,Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam (Jakarta:Bumi Aksara,1995)

dan Mudjiono,Belajar dan Perkembangan (Jakarta:PT Rineka Cipta,2006), Cet. III

Engkoswara dan Aan komariah,Administrasi Pendidikan(Bandung, Alfabeta, 2011)

Harapan, Edi, dan Syarwani,komunikasi antar pribadi,( Jakarta:PT Raja Grapindo Persada,2014)

Mulyana, Deddy,Ilmu Komunikasi (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2012 )

Sendjaja, Sasa Djuarsa, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta; Pusat Penerbitan Universitas Terbuka,

Soyomuktu, Nurani,Pengantar Ilmu Komunikasi (Yogyakarta :Ar-Ruzz Media, 2010)

Setyobroto, Sudibyo,Psikologi Suatu Pengantar, (Jakarta, Percetakan Solo, 2003)

Sudjana, S,Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan luar Sekolah dan Pengembangan Sumber

daya Manusia (Bandung:Falah Production,2000), Cet. III

Sabri, M.Alisuf,Psikolagi Pendidikan (Jakarta:Pedoman Ilmu Jaya,1996), Cet. II

Sardiman, A. M,Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.2006), Ed.I

Winkel, W.S,Psikologi Pengajaran, (Yogyakarta; Media Abadi, 2004)

Hasil wawancara dengan M.Sulaiman Hidayatullah, Siswa SDS IT Kuntum Bumi Rantauprapat (Rabu,

September 2018 jam 09.00 wib)

Hasil wawancara dengan Annisa Maharani, Siswa SDS IT Kuntum Bumi Rantauprapat (Rabu, 4 September

jam 09.00 wib)

Hasil Observasi dari 21 juli 2018 – 18 September 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ab.jki.v2i1.2966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.