EFEKTIFITAS PENERAPAN PERATURAN DAERAH BUSANA MUSLIM MUSLIMAH DALAM MENDORONG PELAKSANAAN AJARAN ISLAM: Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 di Kota Padangsidimpuan

Mhd. Nur Husein Daulay

Abstract


Abstrak: Efektifitas penerapan peraturan daerah busana muslim & muslimah dalam mendorong pelaksanaan ajaran Islam (Study Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 di Kota Padangsidimpuan), merupakan penelitian otonomi daerah atau desentralisasi berangkat dari pembagian kewenangan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah. Peraturan daerah ini merupakan jawaban atas kondisi riil berkaitan dengan menurunnya moralitas dan akhlak siswa dan siswi khususnya sekolah menengah atas. Penelitian ini mendiskripssikan permasalahan secara konprehenship, holistic, integratif, sebagai ciri khas penelitian kualitatif. Penelitian difokuskan memahami efektifitas penerapan pemakaian busana muslim dan muslimah dengan menggunakan pendekatan kebijakan publik sebagai alat untuk menganalisis kebijakan. Titik fokus sasaran target kebijakan ini adalah: siswa sekolah dan satuan pendidikan sebagai pelaksana sekaligus pengawas kebijakan. (2) Garis besar rumusan kebijakan pemerintah kota Padangsidimpuan tentang pemakaian busana muslim dan muslimah tidak terlepas dari aktor kunci (key actors) keterlibatan stakehoder dan advokasi lintas pihak dalam proses penetapan kebijakan serta mekanisme pelaksanaannya. (3) Implementasi kebijakan berjalan dengan baik.

Kata Kunci: efektifitas, Muslim-Muslimah, Mandailing


Full Text:

PDF

References


Azyumardi, Paradigma Baru Pendidikan Nasional (Jakarta: Kompas, 2002).

Danim, Sudarwan. Pengantar Studi Penelitian Kebijakan (Jakarta: P.T. Bumi Aksara 2005).

H.Syaukani, HR, dkk, Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002).

Huda, Ni’matul. Otonomi Daerah: Filosofi, Sejarah Perkembangan dan Problematika (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).

Isjoni, Saatnya Pendidikan Kita Bangkit, cet. Ke-1 (Yogyakarta: Penerbit Pusataka Pelajar, 2007).

Nawawi, Hadari. Menagemen Strategik Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan ilustrasi di bidang pendidikan (Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2000).

Perda Nomor 06 Tahun 2006 Tentang Pemakaian Busana Muslim dan Muslimah.

Santoso, Purwo. Membangun Mekanisme Pembuatan Kebijakan Daerah yang Partisipatif yang (Jogjakarta Transparancy, bekejasama dengan Independent Legal Aid Institute (ILAI) dan partnership For Governance Reform di Hotel Novotel Yogyakarta, 2003).

Thajib, Anshori. Sistem Politik Dalam Pemerintahan Islam (Surabaya : PT.Bina Ilmu, 1983).

Tilaar, HAR. & Riant Nugroho, Kebijakan Pendidikan, Pengantar Untuk Memahami Kebijakan Pendidikan dan Kebijakan Pendidikan Sebagai Kebijakan Publik, cet. Ke-1 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008).

Winarno, Budi. Kebijakan Publik Teori dan Proses (Yogyakarta: Media Pressindo, 2007).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Indexed by: