HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN MOTIVASI MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MAN 2 MODEL MEDAN

hamdani hamdani

Abstract


ABSTRACT

 

Professional teachers should equip themselves with a wide range of competences, including pedagogical competence. Mastery of pedagogical competence will facilitate teachers in transferring science and knowledge. Instead they were not in charge, will find it difficult and burdened when transferring knowledge. The initial capital for control of pedagogic competence is not a theory or concept, but motivation. Good competence coupled with high teaching motivation, it will deliver the student at the real achievement of learning objectives.

 

Key words: pedagogic competence, teaching motivation, learning objective


Full Text:

PDF

References


Referensi

A.M, Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rajawali Press, 2011).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta:Rineka Cipta, 2006).

Asari, Hasan, Nukilan Pemikiran Islam Klasik; Gagasan Pendidikan Abu Hamid al-Ghazali, (Medan: IAIN press, 2012).

Azwar, Saifuddin, Relibilitas dan Validitas: Seri Rangkuman Psikologi, (Yogyakarta: Sigma Alpha, 1992).

Daulay, Anwar Saleh, Dasar Pendidikan; Membimbing Generasi Bermartabat, (Medan: IAIN Press, 2006).

Degeng, I Nyoman Sudana, Ilmu Pengajaran Taksonomi Variable, (Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan), 1989).

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2006).

Djaali, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013).

E. Mulyasa, Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013).

Echols, Jhon M., Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2009).

Hasan, Chalijah, Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan (Surabaya: Al-Ikhlas, 1994).

Iskandar, Psikologi Pendidikan; Sebuah Orientasi Baru, (Ciputat: Gaung Persada Press, 2009).

Kholil, Syukur, Metodologi Penelitian Komunikasi (Bandung: Citapustaka Media, 2006).

Lohithakshan, P.M., Dictionary of Education; A Practical Approach, (New Delhi: Kanishka Publishers, 2002), h. 296.

Mardianto, dkk.,(Ed), Materi Profesi Keguruan Madrasah, (Medan: FITK, 2013).

------------------------- Psikologi Pendidikan, (Medan: Perdana Publishing, 2012).

Mortimore, Peter (ed), Understanding Pedadogy its Impact on Learning, (London: Paul Chapman Publishing, 1999).

Muhammad, Djibril (Redaktur), Sertifikasi Belum Pengaruhi Kualitas Guru (diposting:18 Juli 2011), dalam www.republika.co.id.

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002).

Sagala, Syaiful Kemampuan Professional Guru dan Tenaga Kependidikan, (Bandung: alfabeta, 2009).

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).

Subrata, Sumadi Surya, Psikologi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada: 1995).

Sudarma, Momon, Profesi Guru: Dipuji, Dikritisi, dan Dicaci, (Jakarta: Rajawali Pers, 2013).

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran (Bandung: Sinar Baru, 2001).

Sudjana, Nana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan (Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2009).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (Bandung: Alfabeta, 2011).

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar (Jakarta: Bumi Aksara, 2011).

Tim penyusun, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), (Jakarta: Pusat Bahasa, 2008).

Tim penyusun, UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, (Surabaya: Wipress, 2006).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v1i1.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 JURNAL ansiru PAI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

JURNAL ansiru PAI by Program Master Pendidikan Agama Islam FITK UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/index.