KESADARAN KONSUMSI HALAL DI MASYARAKAT MUSLIM KOTA MEDAN

Armauli Rangkuti, Dahlia Lubis

Abstract


Abstrak pasar halal saat ini sedang mendjadi sorotan dunia. Karena terkait meningkatnya
jumlah Muslim di seluruh dunia, oleh karena itu perlu adanya suatu jaringan atau sistem yang
dapat mengatur dan menjamin produk tersebut dari kondisi kehalalannya. Kesadaran konsumsi
halal di masyarakat muslim kota Medan sangat meningkat sejak bergulirnya wacana halal
mart, ini menunujukkan bahwa mulai sadarnya masyarakat kota Medan terhadap produkproduk
halal, mulai dari makanan, minuman, konsmetik, dan bahkan barang-barang lainnya.
Kata Kunci: Konsumsi, Kesadaran, dan Produk Halal

References


DAFTAR BACAAN

Ahmad, M., Kadir, S.A., Salehudin, N.A., 2013, Perceptions and Behaviour’s of Muslims and

Non-Muslims Towards Halal Products, Journal of Social and Development Sciences,

Vol. 4 No. 6.

Ajzen, I., 1991, The Theory of Planned Behavior, Organizational Behavior and Human Decision

Processes, Vol. 50, h. 179-211, Academic Press, Inc.

Al-Hilali, S.I.I., 2005, Syarah Riyadush-Shalihin, Pustaka Imam Syafi’i, Bogor.

Alserhan, B.A., 2011, The Principles of Islamic Marketing , Gower, Inggris.

Burgmann, T., 2007,Halal Flexes Its Marketing Muscle, The Star, diambil dari http://www.thestar.com/

business/article/238551, 20 Maret 2018.

Dahlan, A.A., 1997, Ensiklopedi Hukum Islam, PT. Ichtiar Baru van Hoeve, Jakarta.

Departemen Agama RI, 2003, Himpunan Fatwa MUI, Departemen Agama RI, Jakarta.

Karim, A.A. dan Affif, A.Z., 2005, Islamic Banking Consumer Behavior in Indonesia: a Qualitative

Approach, Proceedings of the 6th International Conference on Islamic Economics

and Finance, Jakarta, Dipresentasikan 21-24 November 2005.

Katsir, I., 2000, Tafsir Ibnu Katsir 1st ed, Alih bahasa: Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman

bin Ishaq, Pustaka Imam Syafi’i, Bogor.

Koonce, J., Mimura, T., Rupured, M., Jordan, J., 2008, Financial Information: Is it related to

savings and investing knowledge and financial behavior of teenagers?, Financial

Counseling and Planning, Vol. 19 No. 2.

Lada, S., Tanakinjal, G.H., Amin, H., 2009, Predicting Intention to Choose Halal Products

Using Theory of Reasoned Action, International Journal of Islamic and Middle Eastern

Finance and Management, Vol. 2 No. 1.

MUI, 2000, Keputusan Fatwa Musyawarah Nasional Majelis Ulama Indonesia, No: 2/MUNAS

VI/MUI/2000 tentang Penggunaan Organ Tubuh, Ari-Ari, Air Seni Manusia Bagi

Kepentingan Obat-Obatan dan Kosmetika , Jakarta, Majelis Ulama Indonesia.

Qaradhawi, Y., 1993, Halal Haram Fil Islam, Alih bahasa: Mu’ammal Hamidy, Bina Ilmu,

Semarang.

Salehudin, I. dan Mukhlis, B.M., 2012, Pemasaran Halal: Konsep, Implikasi, dan Temuan di

Lapangan, in Ikatan Alumni FEUI (Ed.), Dulu mendengar sekarang bicara: kumpulan

tulisan ekonom muda FEUI, Lembaga Penerbit FEUI, Jakarta.

Salehudin, I., 2010, Halal Literacy: A Concept Exploration and Measurement Validation, ASEAN

Marketing Journal, Vol. II No. 1.

Shiddiq, A.R., 2001, Fiqih Darurat, Pustaka Azzam, Jakarta.

Thayyarah, N., 2013, Buku Pintar Sains Dalam Al-Qur’an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman

Allah, Alih bahasa: M. Zaenal Arifin, Nurkaib, Iman Firdaus, Nur Hizbullah, Penerbit

Zaman, Jakarta.

Yamamiya, Y., Cash, T.F., Melnyk, SE., Posavac, HD., Posavac, S. S., 2005, Women’s exposure

to thin-and-beautiful media images: body image effects of media-ideal internalization

and impact reductions interventions, Elsevier, Body Image, Vol. 2 Issue 1.

Zarif, M.M.M., Murad, A.H.A., FahmiMdYusof, A., 2013, The Use of Forbidden Materials in

Medicine Products: An Islamic Perspective, Middle-East Journal of Scientific Research

(Approaches of Halal and Thoyyib for Society, Wellness and Health) , Vol. 16.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.