DINAMIKA GERAKAN DAKWAH DEWAN DAKWAH ISLAMIYAH INDONESIA DI INDONESIA

Darwin Zainuddin, Fakhrur Adabi Abdul Kadir

Abstract


Organisasi dakwah dalam sejarahnya lahir sebagai respon terhadap situasi zaman yang dihadapinya, terutama masalah social, politik dan keagamaan. Pergolakan politik di Indonesia organisasi dakwah  harus mampu menempatkan dakwah untuk kepentingan umat Islam,  fungsi organisasi dakwah saat harus kembali kepada tujuannya dan menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah. Problema yang dihadapi ini harus disinerjikan dalam kajian dan bahasan apa yang harus dilakukan oleh organisasi-organisasi dakwah yang ada di Indonesia.

Dewan Da’wah merupakan organisasi keagamaan yang khas dengan menjadikan dakwah sebagai kegiatan utamanya. Dakwah yang dimaksud bukan dakwah dalam makna sempit sekadar menyampaikan risalah Islam dalam bentuk lisan atau tabligh, tapi dakwah yang syumuliyah, komprehensif yang mencakup juga da’wah bil hâl, pemberdayaan umat dengan berbagai jalur seperti pendidikan, mengoptimalkan fungsi masjid, membina para da’i, dan lain-lain.

Pergerakan dakwah Dewan Dakwah banyak mendapatkan tantangan dimulai sejak didirikannya yaitu masa orde lama, orde baru dan era reformasi. Tantangan ini adalah bahagian yang harus dihadapi oleh Dewan Dakwah dalam menegakkan kebenaran dan meletakkan Islam sebagai agama rahmah dan cinta damai.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v2i1.390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara