INTERAKSI PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PEMIKIRAN IKHWÂN AL-SAFÂ

Nazaruddin, Hasan Asari, Dja’far Siddik

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana pemikiran Ikhwân Al-bafâ tentang
interaksi pendidik dan peserta didik. Ada tiga rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian
ini: pertama, bagaimana konsep pendidik dan peserta didik dalam pandangan Ikhwân Al-bafâ; kedua,
bagaimana pola interaksi pendidik dan peserta didik dalam pandangan Ikhwân al-‘afâ; dan ketiga,
bagaimana relevansi interaksi pendidik dan peserta didik dalam pandangan Ikhwân Al-bafâ dengan
kondisi pendidikan masa kini. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan berupa data primer
(Rasâil Ikhwân Al-bafâ) maupun data sekunder (sumber tertulis lainnya). Prosedur dari penelitian ini
adalah untuk menghasilkan data deskriptif berupa data tertulis setelah dilakukan analisis pemikiran
(concrete analyze) dari suatu teks. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan deskriptif analisis. Data yang ada dalam kepustakaan tersebut dikumpulkan dan diolah
dengan cara: editing, organizing, dan penemuan hasil penelitian. Temuan disertasi ini yaitu konsep
pendidik dan peserta didik dan pola interaksi keduanya dalam pandangan Ikhwân Al-bafâ berupa
kompetensi yang harus dimiliki setiap pendidik; cara penyampaian ilmu; sifat tercela yang harus dihindari;
kesetiaan (loyalitas); etika pendidik dan etika peserta didik; faktor penentu tingkah laku peserta didik;
dan peserta didik sebagai objek aktif pendidikan. Sedangkan relevansi pemikiran pendidikan Ikhwân
Al-bafâ dalam diskursus kekinian berupa pendidikan inklusif dan pluralis; integrasi ilmu naqliyah dan
aqliyah; dan memurnikan ajaran agama.
Kata Kunci: Pemikiran, Pendidik dan Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, Salhah,Guru Sebagai Fasilitator (Kuala Lumur: PTS Professional Publishing, 2009).

Assegaf, Abd. Rahman,Pendidikan Tanpa Kekerasan (Tipologi Kondisi, Kasus, dan Konsep) (Yogyakarta:

Tiara Wacana, 2004)

Mulkhan, Abdul Munir,Nalar Spritual Pendidikan (Solusi Problem Filosofis Pendidikan) (Yogyakarta:

Tiara Wacana, 2002)

Moeljono, Djokosantoso,13 Konsep Beyond Leadership (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013)

Nata, Abuddin,Filasafat Pendidikan Islam (Jakarta: Logos 2005)

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam (Pendekatan Historis,Teoretis dan Praktis) (Jakarta: Ciputat

Press, 2002)

Al Rasyidin,Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Cita Pustaka Media, 2012)

Rosyadi, Khoiron,Pendidikan Profetik (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004)

Ramayulis,Hakikat Pendidik dalam Pendidikan Islam (Batusangkar: STAIN Batusangkar Press, 2000)

Rosyada, Dede,Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan

Pendidikan (Jakarta: Prenada Media, 2004).

Al-Safa, Ikhwan,Rasail Ikhwan Al-Safa, (t.t.p.: t.p., t.t.)

——————————,Rasâ’il Ikhwân Al-bafâ wa Khalân Al-Wafâ (Beirut: Dar Shadir, 1957) vol. III/

IV.

Siddik, Dja’far,Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2011)

Syafaruddin dkk,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Hijri Pustaka Utama, 2009)

Tirtahardja, Umar, dan La Sulo,Pengantar Pendidikan (Jakarta: Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud,

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 1992)

Am-labâmabâ’î , Muhammad Husain, Al-Mîzan fî Tafsîr Al-Qurân, (Beirut: Muassasah Al-A’lami,

, juz 18


Refbacks

  • There are currently no refbacks.