CONSUMER PROTECTION AGAINST HALAL-LABELED MARSHMALLOW PRODUCTS CONTAINING PORK INGREDIENTS FROM THE PERSPECTIVE OF LAW NO. 33 OF 2014 CONCERNING HALAL PRODUCT GUARANTEES
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amiruddin & Zainal Asikin. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2017.
Aini, N., & Hariyadi, P. (2018). Utilization of Modified White Corn Starch in Producing Marshmallow Cream. Indones. J. Fundam. Appl. Chem, 3(2), hlm.40–46.
Ali, Zainuddin. Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika, 2013.
Amiruddin & Zainal Asikin. Pengantar Metode Penelitian Hukum. Jakarta: Rajawali Pers, 2017. Ma'ruf, Amin. Fikih Perlindungan Konsumen. Jakarta: Erlangga, 2017.
Amsari, S., Anggara, W., & Suparmin, S. (2023). Point of view Islam terhadap fenomena celebrity endorsement sebagai daya jual produk di era digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), hlm.1849–1858. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8383.
Ali, Zainuddin. (2019). Hukum Perlindungan Konsumen. Jakarta: Sinar Grafika.
Arifin, M. (2019). Jaminan Produk Halal dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif Indonesia. Jakarta: Kencana.
Dalimunthe, M. A., Ritonga, A. R., & Ananda, S. (2025). The Role of Opinion Leaders in Bullying Prevention: Evaluating the Roots Program in SMA Negeri 19 Medan Through the Lens of Two-Step Flow Communication Theory. Komunika, 21(01), 33-40.
Dalimunthe, M. A., Syam, A. M., Suhendar, A., & Ritonga, A. R. (2024). Optimizing Local Regulations in Creating a Balance of Human Health and Environmental Preservation. KOLABORASI: Journal of Multidisciplinary, 1(1), 1-12.
Fauziah, Riska. “Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Produk Berlabel Halal yang Mengandung Unsur Haram.” Al-Ahkam: Jurnal Hukum Islam, Vol. 7, No. 2, 2022, hlm.110–122.
Hamdani, A. “Analisis Hukum Perlindungan Konsumen Terhadap Produk yang Tidak Sesuai Label.” Jurnal Hukum & Pembangunan, Vol. 50, No. 1, 2020, hlm. 98–114. https://books.google.co.id/books?id=4aJOEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=falsehttps://books.google.co.id/books?id=WvsdEAAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Harianto, F., Ohorella, N. R., & Dalimunthe, M. A. (2023). Kompetensi Komunikasi Guest Service Agent Dalam Mendorong Kepuasan Tamu Mh Hotel Ipoh Malaysia. KomunikA, 19(02), 30-35.
Hasanah, U., & Nasik, K. (2024). Analisis implementasi label halal pada produk usaha mikro kecil menengah makanan mie setan di Desa Pakong perspektif Undang-Undang No. 33 Tahun 2014. Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 21(1), hlm.48–58
Hidayatullah.com. (2023). Produk Halal Palsu: Tanggung Jawab Produsen dan Pengawasan Negara. Diakses dari https://www.hidayatullah.com/berita/halal-palsu
Humaizi, Hasan NNN, Dalimunthe MA, Ramadhani E. (2024). Harmony in virtual space: Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) development communication in creating digital literacy based on religious moderation. Journal of Infrastructure, Policy and Development. 8(7): 4299. https://doi.org/10.24294/jipd.v8i7.4299
Kompas.com. (2024). Kasus Marshmallow Mengandung Babi: BPJPH Lakukan Penelusuran Label Halal. Diakses dari https://www.kompas.com/halal/marshmallow-babi
Muhammad Abdul Ali Lubis dan Cahaya Permata, Analisis Keputusan Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal No 40 Tahun 2022 Terkait Ketiadaan Nama Lembaga Berwenang Pada Label Halal Perspektif Najmudin Al-Thufi, Al-Mashlahah: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Islam, Vol. 10, No. 2 (2022), hlm. 423–436, https://doi.org/10.30868/am.v10i02.3000.
Muchlis, M. Fikih Perlindungan Konsumen dalam Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2020.
Ohorella, N. R., Fauziah, D., & Dalimunthe, M. A. (2024). Brand Awareness Communication Strategy in Setujuan Coffee Marketing on Instagram Social Media. KomunikA, 20(02), 46-57.
Rahman, 2021, Kementerian Agama RI, 2020, Hasibuan, 2023, Hastuti dan Sumpe, 2007, Winanti Astuti Triyanto
Rambe,R.F. AL. K., Ritonga, A.R., Dalimunthe,M.A. (2023). Komunikasi Publik Pemerintah Kota Medan Dalam Pengalihan Kewenangan Kebijakan Terkait UU No. 23 tahun 2014. KomunikA. 19(01), 39-44. https://doi.org/10.32734/komunika.v19i01.11411
Ritonga, A. R., Thamrin, M. H., Siahaan, H., Dalimunthe, M., & Nur’aini, N. (2024). Promotion of ecotourism and communication policy in increasing tourists in Indonesia. Journal of Infrastructure, Policy and Development, 8(8), 4764.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Wahid, Abdul & Muhammad Irfan. Perlindungan Konsumen dalam Hukum Nasional Indonesia. Bandung: Refika Aditama, 2022.
YLKI. (2022). Konsumen Berhak Menuntut Ganti Rugi Atas Produk Tidak Sesuai Label. Diakses dari https://www.ylki.or.id/berita/konsumen-dan-label
Zulham,Pengukir Sejarah Sertifikasi Halal,( Jakarta, LP POM MUI,205),hlm.20
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v14i2.25747
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Irma Yani Siagian, Sudirman Suparmin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.