PENGARUH STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH), CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), DAN CROSSWORD PUZZLE (CWP) SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MTs DARUL FALAH AEK SONGSONGAN

Syahrudin Syahrudin

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah:Pertama, Untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa
yang diajar dengan StartegiEveryone Is A Teacher Here (ETH), StartegiContextual Teaching and Learning
(CTL), dan StartegiCrossword Puzzle (CWP) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Falah
Aek Songsongan.Kedua, Untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi
tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Darul
Falah Aek Songsongan.Ketiga, Untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki
motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah siswa yang diajar dengan StartegiEveryone
Is A Teacher Here (ETH) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Falah Aek Songsongan.Keempat,
Untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang
memiliki motivasi rendah siswa yang diajar dengan StartegiContextual Teaching and Learning (CTL)
pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Falah Aek Songsongan. Kelima, Untuk Mengetahui
perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi
rendah siswa yang diajar dengan StartegiCrossword Puzzle (CWP) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di
MTs Darul Falah Aek Songsongan. Keenam,Untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa
yang diajar dengan StartegiEveryone Is A Teacher Here (ETH), StartegiContextual Teaching and Learning
(CTL), dan Startegi Crossword Puzzle (CWP) yang memiliki motivasi tinggi pada Mata Pelajaran
Bahasa Arab di MTs Darul Falah Aek Songsongan.Ketujuh, Untuk Mengetahui perbedaan hasil belajar
antara siswa yang diajar dengan StartegiEveryone Is A Teacher Here (ETH), StartegiContextual Teaching
and Learning (CTL), dan StartegiCrossword Puzzle (CWP) yang memiliki motivasi rendah pada Mata
Pelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Falah Aek Songsongan.Kedelapan, Untuk Mengetahui interaksi
antara Strategi Pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Darul
Falah Aek Songsongan. Metodologi penelitian ini adalah menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa:Pertama, Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa
yang diajar dengan StartegiEveryone Is A Teacher Here (ETH).Kedua, Terdapat perbedaan hasil belajar
yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi. Ketiga, Terdapat perbedaan hasil belajar
yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi.Keempat, Terdapat perbedaan hasil belajar
yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi. Kelima, Terdapat perbedaan hasil belajar
yang signifikan antara siswa yang memiliki motivasi tinggi. Keenam, Tidak Terdapat perbedaan hasil

belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Startegi Everyone Is A Teacher Here (ETH).
Ketujuh, Tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Startegi
Everyone Is A Teacher Here (ETH).Kedelapan, Tidak Terdapat interaksi antara Strategi Pembelajaran
dengan motivasi belajar siswa dalam pengaruhnya terhadap hasil belajar.
Kata Kunci: Strategi Everyone is a Teacher Here (ETH), Contextual Teaching and
Learning (CTL), Crossword Puzzle (CWP), Motivasi Belajar, Bahasa Arab.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdurrahman, Mulyono, Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, cet. 2, 2009)

A.M, Sardiman, Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar ( Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007)

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2003)

Baharuddin, Teori Belajar dan Pembelajaran (Yogyakarta: PT. Arruz Media, 2009)

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, cet. 4, 2009)

Drajat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam (Jakarta: Bumi Aksara, cet. 3, 2004)

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: PT. Rineka Cipta, cet. 3,

Departemen Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, (Bandung: Penerbit Diponegoro, 2006)

Faturrahman, Strategi Belajar Menagajar (Bandung : PT. Refika Aditama, 2007)

Hamka, Tafsir Al-Azhar, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1985), Juz 12

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Pusataka Setia, cet. 2, 2011)

Hidayati, Nia, Manfaat Teka-teki Silang Sebagai Penambah Wawasan dan Mengasah Kemampuan, http://

niahidayati.net., Diunduh pada tanggal 05/03/2016

Katsiir, Ibnu, Lubaabut Tafsir Min Ibnu Katsiir, terj. Abdul Ghoffar et all, Tafsir Ibnu Katsiir (Bogor: Pustaka

Imam Asy-Syafi’i, 2004), Juz 12

Prayitno, Elida, Psikologi Belajar (Jakarta: Proyek Pengembangan LPTK, 1989)

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2006)

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (Jakarta: Kencana Prenada

Media, cet. 6, 2006)

Sa’daniyah, Mustofa, Filsafat Pembelajaran Kontruktifisme dan Filsafat (Kairy: Darul

Ma’arif, 1999)

Silberman, Melvin L. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject, terj. Raisul Muttaqien, Aktive

Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif (Bandung: Nusamedia, 2004)

Soedjadi, R., Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia : Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan

Masa Depan (Jakarta: Dikti, 2000)

Sudjana, Nana, 101 Cara Siswa Belajar Aktif (Bandung: Nusa Media, cet. 2, 2005)

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, cet. 5, 2010)

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung : PT.Sinar Baru, 1998)

Shihab, M. Quraish,Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Alquran, (Jakarta: Lentera Hati, 2002), Vol 6

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Bandung: Rosdakarya, cet. 2, 2005)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung:

Fokus Media, 2006)

Wahya et all, Kamus Bahasa Indonesia (Bandung: Kawan Pustaka, cet. 2, 2013)

W.S, Winkel, Psikologi Pengajaran (Jakarta: PT Gramedia, 2004)

Zaini, Hisyam,et. al.,Strategi Pembelajaran Aktif (Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development, 2008)

Sepzyana, Variningtyas, Kelebihan dan Kelemahan Strategi pembelajaran Crossword

Puzzle dalam http://www.referensimakalah.com/2013/01/strategi-pembelajaran-crosswordpuzzle. html diakses

Agustus 2016


Refbacks

  • There are currently no refbacks.