DINAMIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI MADRASAH MUALLIMIN UNIVA MEDAN

Fathur Rahman Ansari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana dinamika pembelajaran kitab kuning di
Madrasah Muallimin Univa Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, maka
sumber data penelitian ada dua yaitu sumber data primer yaitu dokumen-dokumen Madrasah Muallimin
yang berkaitan dengan pembelajaran kitab kuning selain itu juga pimpinan Madrasah, guru pengajar kitab
kuning Madrasah Muallimin, serta sumber primer yang mendukung penelitian. Hasil penelitian ini dapat
ditarik kesimpulan bahwa: kurikulum pembelajaran kitab kuning mengalami perubahan-perubahan dan
terdapat dua kurikulum yang digunakan sekarang di Madrasah Muallimin, pendidik dalam pembelajaran
kitab kuning latar belakang pendidikan di awal pendirian Madrasah Muallimin semunya tidak ada yang
tamatan Timur Tengah namun sekarang terdapat guru yang tamatan dari Timur Tengah, dan awalnya tidak
ada guru perempuan namun sekarang sudah ada guru perempuan, peserta didik dalam pembelajaran kitab
kuning mengalami perubahan dari segi kemampuan yang dipengaruhi oleh latar belakang sekolah siswasiswi,
juga adanya perkembangan teknologi mempengaruhi sikap siswa-siswi dan minat belajar siswa-siswi
berkurang terhadap pembelajaran kitab kuning, metode pembelajaran kitab kuning tidak ada perubahan
signifikan, hanya saja pengembangan metode pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran.
Adanya kebijakan pemerintah juga mempengaruhi pembelajaran kitab kuning yaitu dari kurikulum yang
digunakan di Madrasah Muallimin ada dua, kurikulum Al Washliyah yang mempelajari kitab kuning dan
kurikulum Kementerian Agama.
Kata Kunci: Dinamika, Pembelajaran dan Kitab Kuning

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islam, (Bandung: Ciptapustaka Media Perintis, 2015)

Asrohah, Hanun, Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999)

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning, Pesantren dan Tarekat, (Yogyakarta: Gading Publishing, 2012)

Departemen Agama RI, PondokPesantrendan Madrasah Diniyah, (Jakarta: Depag RI, 2003)

Daulay, Haidar Putra, Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2014)

————————————-, Pendidikan Islam dalam Persepektif Filsafat, (Jakarta: Kencana, 2016)

Hasan, Muhammad Tholhah, Islam dalam Persepektof Sosio Kultural, (Jakarta: Lantabora Press, 2005)

Mardianto,Psikologi Pendidikan, (Medan:Perdana Publising, 2012)

Maksum, Madrasah; Sejarah dan Perkembangannya, (Pamulang Timur: PT Logos Wacana Ilmu, 1999)

Matondang, Husnel Anwar, Metode Efektif Membaca Kitab Kuning, (Medan: BKM. Muslimin, 2003)

Rozali, Mohammad,Tradisi Keulamaan Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera Utara,(Yogyakarta: Lkis, 2017)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.