KONSEP TARBIYAH DALAM ALQUR’AN

Atiqa Azizah

Abstract


Konsep Tarbiyah dalam alqur’an menitik beratkan pada pelaksanaan nilai-nilai ilahiyat yang bersumber dari Allah SWT. Dalam konsep terbiyah ini, terdapat pesan-pesan dakwah didalamnya yang telah sampaikan secara khusus, yakni meliputi tujuan pendidikan yakni membina manusia aga menyadari bahwa dirinya sebagai hamba Allah dan sebagai Khalifah.


Full Text:

PDF

References


Q.S. at-Tin/95:4.

Syafei Ma’arif, Islam dan Kenegaraan (Jakarta: LP3ES, 1985), h. 9.

Q.S. an-Nahl/16:78.

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al-Ma’arif , 1989), h. 23.

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan Suatu Analisa Psikologi Dan Pendidikan (Jakarta:

Pustaka Al-Husna, 1992), h. 261-262.

Jalaluddin, Teologi Pendidikan, cet. 2 (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002), h. 13-14.

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendididikan , h. 33.

Hery Noer Aly dan Munzier, Watak Pendidikan Islam, cet. 1 (Jakarta: Friska Agung Insani, 2000), h. 1.

Ki Hajar Dewantar, Bagian Pertama Pendidikan (Yogyakarta: Majlis Luhur Taman Siswa, 1962), h.

-15.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, cet. 1 (Jakarta:

Balai Pustaka, 2001), h. 263.

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, h. 261-262.

Q.S. al-Baqarah/2: 30-32.

Q.S. al-»Alaq/96:1-5.

Ahmad Tafsir, Metodik Khusus Pendidikan Islam (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1992), h. 109.

Jalaluddin,Teologi Pendidikan, h. 70.

Syed Muhammad an-Naquib al-Attas, Konsep Pendidikan Dalam Islam, terj. Haidar Bagir, cet. 3

(Bandung: Mizan, 1988), h. 35-74.

Said Agil Husin al-Munawwar, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam, cet.

(Jakarta: Ciputat Press, 2005), h. 4.

Abdurrahman an-Nahlawi, Ucul at-Tarbiyah al-Islamiyyah wa Asalibiha fi al-Bait wa al-Madrasah

wa al-Mujtama» (Damaskus Suriah, C/T.T as-Suwaisiryah, 1988), h. 12-13.

Said Agil Husin al-Munawwar, Alquran membangun, h. 3

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, cet. 4 (Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve,

, jilid IV, h. 132.

Said Agil Husin al-Munawwar, Alquran membangun, h. 3

Subhi as Shahih,Mabahia fi ‘Ulum Alquran, Terj: Pustaka Firdaus, Membahas Ilmu-Ilmu Al-Quran

(Jakarta: Pustaka Firdaus , Cet. V, 1995), 5.

Manna’ Khalil al-Qattan, Mabahia fi Ulum Alquran , terj. Mudzakir AS, Studi Ilmu-Ilmu Quran

(Jakarta: Litera Antar Nusa, 2006), h.16.

Masfuk Zuhdi, Pengantar Ulumul Quran (Surabaya: Bina Ilmu, 1993), h. 2.

T.M. Hasbi as-Shiddiqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Alquran (Jakarta: Bulan Bintang, 1992), h. 1.

M. Quraish Shihab, Wawasan Alquran, Cet. VI,( Bandung: Mizan, 1997), h. 3.

Muhammad Ali Ash-Shabuni, Al-libyan fi Ulum Alquran, terj. Muhammad Qadirun Nur, Ikhtisar

Ulumul Quran Praktis (Jakarta: Pustaka Amani, 2001), h. 3.

Muhammad Ali Ash-Shabuni, Pengantar Studi Alquran terj. (Bandung: Al- Ma’arif, 1987), h. 18.

Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam, h. 132.

Ibid.

Said Agil Husin al-Munawwar, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani, h. 4.

M. Quraish Shihab, Wawasan Alquran, h. 12-13.

Jalaludin, Teologi Pendidikan, h. 67

Muhammad Fadhil al-Jamaly, Na%wa Tarbiyat Mukminat, (t.t.p..Syirkat al-Tunisiyat lial-Tauzi, 1977),

h. 3.

Ahmad, D. Marimba, Pengantar Filsafat, h. 19.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992), h. 32.

Zakiyah Darajat, Ilmu Pendidikan Islam, h. 28.

Hasan Langgulung, Azas-azas pendidikan Islam ( Jakarta : Pustaka Al-husna, 1986 ), h. 62.

Abudin Nata, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005), h. 69-83.

Muzayyin Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, h. 80.

Ibid, h. 51.

Ibid. h. 90.

Anak didik adalah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang

yang menjalankan kegiatan pendidikan. Lihat Syaiful Bahri Djamarah.Guru dan Anak Didik Dalam Interaktif

Edukatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2000). h. 51.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta, Kalam Mulia. 2002). h. 256.

Ibid. h. 259-260.

Ibid. h. 263-274.

Abdullah Mujib dan Yusuf Mudzakkir, Ilmu Pendidikan Islam, Edisi I (Jakarta: Fajar Inter Pratama

Offset, 2008. h. 71.

Ibid, h. 76.

Fuad Ihsan, Dasar-Dasar Kependidikan, Cet.VI (Jakarta: Rineka Cipta, 2010). h. 40.

Ibid.

Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik . h. 122.

Zainal Arifin. Konsep & Model Pengembangan Kurikulum (Bandung:PT Remaja Rosdakarya, 2011),

h. 2-3.

Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany, 1979.Falsafah Pendidikan Islam (Jakarta: Bulan Bintang),

Terjemahan Hasan Langgulung. h. 478

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam, h.150-154..

Ibid, h. 128

Armei Arief.Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, cet. I (Jakarta: Ciputat Pres, 2002),. h.

-31.

Abdul Mujib dan Yusuf Mudzakkir,Ilmu Pendidikan Islam, Ed. I (Cet. I; Jakarta: Kencana, 2006)167-168.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.