KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PAI PADA KURIKULUM 2013 KABUPATEN DELI SERDANG

Agustina Agustina

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk program kegiatan meningkatkan kompetensi guru PAI, pelaksanaan
kegiatan pengembangan kompetensi guru PAI pada pelaksanaan Kurikulum 2013, kendala pengembangan
kompetensi guru PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013, dan upaya yang dilaksanakan mengatasi
kendala pengembangan kompetensi guru PAI dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri Lubuk
Pakam Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, lokasinya di SMP Negeri
Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, studi dokumentasi. Pengelolaan data terdiri dari reduksi data, display data/penyajian data,
analisis data, teknik menjamin keabsahan hasil penelitian. Hasil penelitian dikemukakan bahwa program
peningkatan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kabupaten Deli Serdang
adalah peningkatan Kualifikasi Pendidikan, penyetaraan dan sertifikasi, pendidikan dan pelatihan kompetensi,
supervisi pendidikan. Pelaksanaan kegiatan pengembangan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti pada pelaksanaan kurikukum 2013 di Kabupaten Deli Serdang adalah melakukan
pelatihan terkait dengan konsep Kurikulum 2013, analisis bahan ajar, model rancangan pembelajaran,
dan praktik pembelajaran terbimbing. Kendala pengembangan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam
dan Budi Pekerti dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Negeri Lubuk Pakam Kabupaten Deli
Serdang adalah sikap guru masih setengah hati sehingga dalam menjalankan Kurikulum 2013, perubahan
proses pembelajaran yang masih sulit dilaksanakan guru terutama dariteacher centered kestudent centered,
guru masih mengalami kendala dalam melakukan penilaian hasil belajar siswa, dan tidak semua
guru mampu memanfaatkan IT sebagai media untuk dapat mempermudah atau meringankan pekerjaan,
baik untuk melengkapi administrasi pembelajaran maupun sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci : Kebijakan, Pengembangan Kompetensi Guru PAI, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arief, Armai, Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)

Dwijowijoto, Ryant Nugroho, Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi (Jakata : Elex Media

Komputindo, 2003)

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Hamalik, Oemar, Manajemen Pengembangan Kurikulum (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006)

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013)

Musfah, Kompetensi Guru (Jakarta : Rineka Cipta, 2011)

Nasution, S. Pengembangan Kurikulum (Bandung: Citra Aditya Bakti, 1993), Cet. Ke-5

Purba, Sukarman, Kinerja Ketua Jurusan Di Perguruan Tinggi, Teori, Konsep dan Korelatnya (Yogyakarta:

Presindo, 2009)

Pratt, David, Curriculum Design And Development (USA: Harcourt Brace Jovanovich, Publishers, 1980)

Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan Nasional (Bandung : Citra Umbara, 2008)

Peraturan Menteri No. 74 Tahun 2008 Tentang Guru (Bandung : Citra Umbara, 2008)

Sagala, Saiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan (Bandung : Alfabeta, 2012)

——————,Sentuhan Pedagogis Dilakukan Dalam Pengembangan Kurikulum Mendukung Proses Pembelajaran

Dalam Profesionalisme Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Melalui Penerapan Teknologi Pendidikan

(Medan: Unimed, IPTPL, 2008)

Saylor J. Gallen dan William M. Alexander, Planning Curriculum For Schools (USA : 1973)

Sanjaya, Wina, Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (Jakarta : Kencana

Prenada Media Group, 2005)

Sedarmayanti, Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri

Sipil (Bandung : Refika ditama, 2011)

Siddik, Dja’far, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Citapustaka Media, 2006)

T, Yeremias Keban, Enam Dimensi Strategis Admistrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu (Yogyakarta : Gaya

Media, 2004)

Undang-undang R.I. No. 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS & PP No. 47 Tahun 2008 Tentang Wajib

Belajar (Bandung : Citra Umbara, 2008)

Winarno, Budi, Teori dan Proses Kebijakan Publik (Yogyakarta : Media Pressindo, 2002)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v6i2.1276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara