EVALUASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN LATIHAN PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN MEDAN DAN KANWIL KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI SUMATERA UTARA

Zulkifli Tanjung

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) evaluasi perencanaan pendidikan dan latihan pengawas
Pendidikan Agama Islam di Balai Diklat Keagamaan Medan dan Kanwil kementerian Agama Provinsi
Sumatera Utara, 2) evaluasi pengorganisasi sumberdaya pendidikan dan latihan pengawas PAI di Balai
Diklat Keagamaan Medan dan Kanwil kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara, 3) evaluasi pelaksanaan
rencana pendidikan dan latihan pengawas PAI di Balai Diklat Keagamaan Medan dan Kanwil kementerian
Agama Provinsi Sumatera Utara, 4) evaluasi kegiatan pengawasan pendidikan dan latihan pengawas PAI
dilakukan di Balai Diklat Keagamaan Medan dan Kanwil kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara.
Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu 1) Evaluasi perencanaan Diklat pengawas PAI mengikuti program yang telah
ditetapkan oleh Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia. Selanjutnya, tahapan
perencanaan diklat yang dimulai dari pendaftaran peserta di sistem SIMDIKLAT untuk mengetahui peserta
yang akan di diklat. Lalu diadakan rapat untuk membahas kesiapan widyaiswara, Kepanitiaan, serta Kurikulum
Diklat, 2) Evaluasi pengorganisasi Diklat pengawas PAI berawal dari rapat persiapan diklat yang dihadiri
oleh Kepala Balai, Kasi Teknis Administrasi, Kasi Pendidikan dan Keagamaan, KTU, STAF, Widyaiswara
serta perwakilan dari Kanwil dan semuanya berjumlah 15 orang Salah satu agenda rapat membahas mengenai
kepanitiaan. Kepanitiaan terdiri dari tiga orang yaitu ketua, wakil ketua dan bendahara. Mereka inilah yang
bertugas untuk menjalankan kegiatan diklat yang mengurus mengenai kurikulum, jadwal Diklat, pembagian
jadwal widyaswara, penataan pemakaian asrama, kelas dan kelengkapan pembelajaran, 3) Evaluasi pelaksanaan
Diklat pengawas PAI berjalan mengikuti jadwal pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Proses
pembelajaran bermula dari pemberian modul Diklat, jadwal Diklat yang selanjutnya dilatih dengan bimbingan
para widyaiswara. Segala fasilitas dan sarana pembelajaran tersedia dan digunakan dengan baik dalam
proses pembelajaran, 4) Evaluasi proses pelaksanaan rencana Diklat pengawas PAI sesuai dengan program
yang ditetapkan, dan mengikuti langkah-langkah kegiatan. Tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan
dan meningkatkan kompetensi pengawas PAI sesuai persyaratan kepengawasan, atau tugas pokok dan
fungsi yang menjadi tanggung jawab pengawas PAI dalam mengevaluasi profesionalitas guru dan meningkatkan
kemampuan para pengawas.
.Kata Kunci: Evaluasi, Manajemen, Pendidikan dan Latihan.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Depag RI,Kepengawasan Pendidikan, Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Islam Direktorat Madrasah

dan Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Umum, 2005.

Depag RI,Panduan Tugas Jabatan Fungsional Pengawas Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Dirjen Pembinaan

Kelembagaan Agama Islam, 1999/2000.

George R. Terry, Asas-Asas Manajemen, Bandung: Alumn, 1972.

Gordon Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian I Pengantar, Jakarta: PT Pustaka

Binaman Pressindo, 1991.

Ibrahim Bafadal, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar, Bandung: Bumi Aksara, 2005.

Ibrahim Bafadhal,Dasar-Dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kana, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Indra Djati Sidi, Menuju Masyarakat Belajar, Jakarta: Wacana Ilmu, 2001.

Kartini Kartono, Pemimpin dan Kepemimpinan. Cet. Pertama, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.1994.

Muchlis M. Hanafi, et al, Tafsir Qur’an tematik: Pendidikan, Pembangunan Karekter dan Pengembangan

Sumberdaya Manusia, Jakarta: Aku Bisa, 2012.

Muhaimin, dkk,Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/

Madrasah, Jakarta: Prenada, 2009.

Pupuh Fathurrohman dan A.A. Suryana,Supervisi Pendidikan, Bandung: Adytama, 2011.

Robert J Alfonso, et al,Instructional Supervision , Boson: Allyn and Bacon, Inc, 1981.

S. Notoatmodjo, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta : Rineka Cipta, 1992.

Sondang P. Siagian, Filsafat Administrasi, Jakarta: Gunung Agung, 1986.

Sulistiani & Rosidah, Manajemen .Cet. Kedua, Yogyakarta: BPFE, 1993.

Syafaruddin dan Asrul, (ed), Manajemen Kepengawasan, Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Syafaruddin, Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching Press, 2005.

T. Hani Handoko, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE, 2001.

William B, Castetter, Personnel Function in Educational Administration, New York: Macmillan Publishing

Company, 1981.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v6i1.1266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara