IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH IKHWANUL MUKMININ BINJAI

Cendani AlFanizha Hidma, Tia Pratiwi, Nurana Dwi Bintang, Maulana Yontino

Abstract


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa COVID-19 merupakan pandemi yang telah menyebar ke seluruh negara di dunia. Hal ini mengakibatkan terbatasnya aktivitas interaksi dan pertemuan kelompok sosial. Sektor pendidikan terkena dampak langsung dari kebijakan pembatasan interaksi fisik masyarakat, sehingga proses pembelajaran bertransformasi sepenuhnya ke dalam bentuk pembelajaran online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tantangan dan peluang dalam proses pembelajaran online yang telah dilaksanakan selama masa pandemi covid-19. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan proses pembelajaran online yang telah dilaksanakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru SMA Lab Satya Wacana Salatiga. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan triangulasi data yang terdiri dari data hasil observasi, wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran online memiliki tantangan dalam hal ketersediaan teknologi yang mumpuni seperti perangkat elektronik dalam proses pembelajaran, jaringan internet, dan kesiapan siswa dan guru dalam menghadapi pembelajaran online. Sedangkan peluang dari proses pembelajaran online yang telah dilaksanakan adalah secara langsung membiasakan siswa untuk berlatih secara mandiri dalam proses pembelajaran, dan dari sisi guru, mendorong guru untuk menguasai teknologi dan berinovasi dalam proses pembelajaran sehingga lebih variatif dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Atiqoh, L. N. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45-52.

Gunawan, Suranti, N. M. Y., & Fathoroni. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers during the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Edu-cation, 1(2), 61–70.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M.

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara