PENGARUH PEMERIKSAAN PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK PADA KPP PRATAMA RANTAU PRAPAT

INDAH SARI NASUTION, ARNIDA WAHYUNI LUBIS

Abstract


Dari tahun ke tahun, pentingnya pajak dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) semakin meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pemeriksaan dan pemungutan pajak secara parsial dan simultan mempengaruhi penerimaan pajak. Kantor Pelayanan Pajak Rantau Prapat Pratama tahun 2020 - 2021 menjadi subjek penelitian. Metode Convenience Sampling digunakan untuk mengumpulkan data. Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini antara lain realisasi pemeriksaan pajak, target pemeriksaan, realisasi pencairan tunggakan pajak, jumlah tunggakan pajak; dan realisasi dan target penerimaan pajak penghasilan (PPh). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa ( (1) pemungutan pajak berpengaruh besar terhadap penerimaan pajak.(2) Dari analisis dapat diperoleh bahwa target persentase realisasi penerimaan pajak da pada tahun 2020 itu sebesar 107,18 % dan pada tahun 2021 sebesar 115,64 %  termasuk mencapai target.

Full Text:

PDF

References


Agusti, Asri Fika. 2008. ”Pengaruh Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan terhadap Peningkatan Penerimaan Pajak yang Dimoderasi oleh Pemeriksaan Pajak pada KPP Pratama”. Jurnal Simposium Nasional Akntansi 12. Palembang.

Erwis, Nana Adriana. 2012. ”Efektivitas Penagihan Pjaka dengan Surat Teguran dan Surat Paksa terhadap Penerimaan Pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan”. Skripsi Jurusan Akuntansi pada Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Nugraha, Irfan. 2011. ”Analisa Pengaruh Pemeriksaan Pajak dan Penagihan Pajak terhadap Penerimaan Pajak pada Kantor Pelayanan Pratama Jakarta Senen”. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal Analytica Islamica

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/analytica/ 
 
Publisher:
Program Pascasarjana
Universitas Islam Negeri Sumatera Utara