Mengoptimalkan Pola Pikir Filsafat dan Islam di Kalangan Mahasiswa dan Dosen (Studi di Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, UIN Sumatera Utara)

Fajar Nur Bahri, Adenan Adenan, Andhara Andhara

Abstract


This study examines efforts to optimize an integrative mindset of philosophy and Islamic values among students and lecturers in the Aqidah and Islamic Philosophy Study Program at the Faculty of Ushuluddin and Islamic Studies, UIN Sumatera Utara. Employing a mixed-methods design, the research combines a phenomenological qualitative approach to capture participants’ subjective perspectives and quantitative analysis using descriptive and inferential statistics on a stratified random sample of sixteen respondents. Data were gathered via semi-structured interviews, Likert-scale questionnaires, and classroom observations, then subjected to thematic analysis and triangulation for enhanced validity. Key findings reveal that students exhibit adaptive and creative thinking patterns, while lecturers adopt reflective and strategic mindsets. Both internal factors (motivation, belief systems, educational background) and external factors (curriculum design, teaching methods, academic environment) influence the development of an integrative mindset. Optimization strategies include strengthening literacy and open discussions, collaborative social projects, curriculum revision with contemporary case studies, and positioning lecturers as intellectual and spiritual facilitators. The study concludes that although critical and integrative thinking skills have emerged, challenges such as rote learning habits, limited discussion spaces, and personal hesitations remain and must be addressed through strategic interventions to harmonize reason and revelation in Islamic academic contexts.

Keywords


Mindset, Philosophy, and Islam

Full Text:

PDF

References


Abbas, Subhan Akbar,“Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Dan Perannya Dalam

Mendorong Peningkatan Kinerja: Tinjauan Pustaka”, dalam BALANCA: Jurnal

Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 5, Nomor 1, (Pare-Pare: IAIN Pare-Pare, 2023).

Adenan, A., Akbar, A., Ritonga, A., Hasibuan, A., Roihan, A., & Prabowo, A. “Urgensi

Alquran dan Hadis Terhadap Pemikiran Filsafat Islam”. dalam Jurnal Ilmiah

Wahana Pendidikan, Vol. 9, Nomor 10 (Medan: UIN Sumatera Utara, 2023).

Adenan dan M. Andi, “Kontradiksi Filsafat Islam di Era Modern”, dalam Jurnal

Pendidikan dan Konseling, Vol. 5, Nomor 1, (Riau: Universitas Pahlawan

Tuanku Tambusai, 2023).

Afkarina, Izza dan Pradikto, Sugeng, “Pengaruh Pendidikan Terhadap Pola Pikir Anak

di Desa Kalirejo Kecamatan Kraton Kabupaten Pasuruan”, dalamJurnal Riset

Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, Vol. 3, Nomor 1, (Pasuruan: Univerisitas

PGRI Wiranegara, 2025).

Aini, Nada Nur dan Prastowo, Andi, “Implementasi Metode Burhani dan ‘Irfani dalam

Studi Filsafat Pendidikan Islam”, Jurnal Andragogi, Vol. 3, Nomor 2,

(Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2021).

Aurelian, Dinda, Adenan, Zauldiyaiza, dan Ritonga, Roni Rahmat, “Urgensi Filsafat

Islam dalam Pengembangan Wawasan Pemikiran Mahasiswa di Universitas

Islam Negeri Sumatera Utara”, Vol. 3, Nomor 2, (Medan: Universitas Islam

Negeri Sumatera Utara, 2023).

Azzahra, Fahmida dan Asfari, N.A.B., “Pengembangan Aktualisasi Diri: Kajian Pustaka

tentang Faktor Penghambat dan Strategi Pendukung”, dalam Jurnal

Flourishing, Vol. 4, Nomor. 2, (Malang: Universitas Negeri Malang, 2024).

Basori, “Filsafat Pendidikan Islam: Integrasi Nilai-Nilai Spiritual dalam Sistem

Pendidikan Modern”,dalam Reflection: Islamic Education Journal, Vol. 2,

Nomor 2, (Riau: UIN Sultan Syarif Kasim, 2025).

Damanik, Agusman, “Urgensi Studi Hadis di UIN Sumatera Utara”, dalam Shahih:

Jurnal Kewahyuan Islam, Vol. 1, Nomor 1, (Medan: Universitas Islam Negeri

Sumatera Utara, 2018).

Fathoni, Achmad dan Muhibbin, Ahmad, “Kurikulum Dan Pembelajaran”, (Jawa

Tengah: Muhammadiyah University Press, 2024).

Himmah, “Integrasi Positivisme dalam Pendidikan Keislaman: Sebuah Tinjauan

Epistemologis”, dalam AL AUFA: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, Vol.

, Nomor 2 (Bojonegoro: UNU Sunan Giri, 2024).

Kodrat, Denny, “Urgensi Pola Pikir dalam Membangun Pendidikan Bermutu”, dalam

Islamic Research, Vol. 2. Nomor 1, (Sumedang: STBA Sebelas April, 2019).

Lubis, Abdul Hadi, Helmiati, dan Nazir M., “Konsep Integrasi Islam dan Sains: Peluang

dan Tantangan Bagi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga”, dalam Jurnal

Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol. 4, Nomor 1, (Riau: Universitas

Pahlawan Tuanku Tambusai, 2025).

Monicha, Ririn Eka, Sutarto, dan Wanto, Deri, “Strategi Pembelajaran Dosen Dalam

Mengembangkan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa”, dalam Tesis, IAIN

Curup, 2022.

Muzdalifah, “Bullying”, dalam Al-Mahyra: Jurnal Penelitian dan Pengembangan

Keilmuan, Vol. 1, Nomor 1, (Padang Lawas: Institut Agama Islam Padang Lawas,

.

Nabilla, Shintya dan Desmon, David, “Pengaruh Lingkungan Terhadap Perkembangan

Anak”, dalam Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, Vol. 4, Nomor 3, (Batam:

Universitas Batam, 2022).

Prasanti, Ditha, “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam

Pencarian Informasi Kesehatan”, dalam Jurnal Lontar, Vol 6, Nomor. 1

(Bandung: Universitas Padjajaran, 2018).

Purwaningsih, Christiani dan Syamsudin, Amir, “Pengaruh Perhatian Orang Tua,

Budaya Sekolah, dan Teman Sebaya Terhadap Karakter Religius Anak”, dalam

Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, Nomor. 4, (Yogyakarta: UNY,

.

Rojibillah dan Hanbali, “Integrasi Nilai-Nilai Filsafat Islam dalam Kurikulum

Pendidikan Kontemporer”, dalam Idarotuna: Jurnal Manajemen Pendidikan

Islam, Vol. 9, Nomor 2, (Bandung: Universitas Pasundan, 2025).

Salam, Andi M.I, “Lanskap Corak Filsafat Islam”, dalam Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu

Keislaman, Vol. 20, Nomor 01, (Pare-Pare: Institut Agama Islam Negeri, 2020).

Syam, M. Basir, “Perbedaan Pendapat Ulama Tentang Urgensi Filsafat Dalam Islam.”

Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, Vol. 3, Nomor 2, (Makassar: UIN Alauddin,

.




DOI: http://dx.doi.org/10.51900/alhikmah.v7i1.24320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Al-Hikmah: Jurnal Theosofi dan Peradaban Islam
e-ISSN: 2655-8785
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alhikmah/index
Email: afi.fusi@uinsu.ac.id
Published by: Prodi Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam, UIN SU Medan 
Office: FProdi Aqidah dan Filsafat Islam, Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Tel /fax : 0616622925 /