Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Keterampilan dalam Membangun Kemandirian di Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) Jakarta Selatan

Rima Fitrianesti, Muhtadi Muhtadi

Abstract


Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu instruman yang paling efektif dalam proses pengentasan kemiskinan. Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang pemberdayaan masyarakat dalam membangun kemandirian dengan pertanyaan penilitian yaitu proses dan tahapan program pemberdayaan masyarakat di Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), serta faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi proses jalannya kegiatan pemberdayaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan tahapan kegiatan pemberdayaan masyarakat di Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), dan mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat yang mempengaruhi program pemberdayaan dalam membangun kemandirian. Subjek dalam penelitian ini berjumlah sembilan orang, dua orang pihak pengurus yayasan dan lima orang alumni peserta pelatihan keterampilan di YIIM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan keterampilan di Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) telah mampu membangun kemandirian pada kelima alumni peserta pelatihannya. Hal tersebut terlihat dari sikap kelima alumni peserta pelatihan yang sudah sesuai dengan indikator kemandirian yang ada. Indikator kemandirian tersebut meliputi berkeinginan kuat untuk mengembangkan diri sendiri, bertanggung jawab atas aktivitas yang dilakukannya, mampu mengambil keputusan dan inisiatif dalam menghadapi masalah, dan percaya diri serta melaksanakan tugas-tugasnya secara mandiri. Keberhasilan tersebut juga didukung dengan proses serta tahap-tahap pemberdayaan di YIM yang meliputi tahap persiapan, tahap pengkajian, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan terminasi yang dijalankan secara menyeluruh dan maksimal. Disamping itu juga terdapat faktor-faktor pendukung yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan pemberdayaan masyarakat di YIIM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses serta tahapan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) telah mampu membantu masyarakat penerima manfaat dalam membangun kemandiriannya dan membawa perubahan yang positif dalam kehidupannya.


Keywords


Pemberdayaan masyarakat; Pelatihan Keterampilan; Kemandirian

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


D. P. Kurniawati, B. Supriyono, dan I. Hanafi, “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI BIDANG USAHA EKONOMI (Studi pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Mojokerto),” hlm. 6.

Zubaedi, Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Kencana, 2016.

D. Maryani dan R. R. E. Nainggolan, Pemberdayaan Masyarakat. Deepublish, 2019.

G. Sumodiningrat, Pemberdayaan masyarakat dan jaring pengaman sosial. Gramedia Pustaka Utama, 1999.

A. H. Huraerah, PENGORGANISASIAN dan PENGEMBANGAN MASYARAKAT: Model dan Strategi Pembangunan Berbasis Kerakyatan. Humaniora, 2008.

Muhaimin, Suti’ah, dan S. Listyo Prabowo, Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah / Madrasah). 349: Prenada Media, 2015.

Fitriani, M. T. NASUTION, dan B. A. K. MS, REFORMULASI KEBIJAKAN HALUAN NEGARA: ANTARA REALITA DAN CITA-CITA. Penerbit EnamMedia, 2020.

Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

A. Amiruddin, Perencanaan Kota Sehat. Media Sains Indonesia, 2020.

M. Kamil, Pendidikan nonformal: pengembangan melalui pusat kegiatan belajar mengajar (PKBM) di Indonesia : sebuah pembelajaran dari kominkan di Jepang. Alfabeta, 2010.

Suprihatiningsih, Keterampilan Tata Busana di Madrasah Aliyah. Deepublish, 2016.

B. Saputro, MANAJEMEN PENELITIAN PENGEMBANGAN ( RESEARCH & DEVELOPMENT ) BAGI PENYUSUN TESIS DAN DISERTASI. Aswaja Presindo, 2017.

Ni’matuzahroh dan S. Prasetyaningrum, OBSERVASI: TEORI DAN APLIKASI DALAM PSIKOLOGI. UMMPress, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v10i1.9883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Muhtadi Muhtadi Muhtadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.