Pendampingan Umkm Peyek Bu Eswati Panggungroyom Patidengan: Design Pengemasan Dan Penjualan Melalui Media Sosial

Afif Kholifah, Deni Aji Saputra, Elian Sanjaya, Indah Sari, Sari Suhendriani, Iffah Muflihati

Abstract


Peyek Bu Eswati yang berasal dari Pati, Jawa Tengah dikenal memiliki rasa yang gurih dan renyah, namun kemasan dan pemasarannya yang kurang maksimal menjadikan produk ini kurang tersebar luas di masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemasaran melalui media online dan pembuatan desain kemasan yang lebih menarik. Solusi yang ditawarkan dalam permasalahan tersebut adalah kemasan produk yang mulanya hanya menggunakan plastik polipropilen diubah menjadi kemasan produk berupa standing pouch. Selain itu, produk yang sebelumnya tidak memiliki label kemasan dilakukan pembuatan label dan desain kemasan. Untuk meningkatkan kualitas penjualan, selain dilakukan melalui pencantuman nomer telepon juga dipasarkan pada market place seperti shopee serta sosial media seperti instagram. Hasil dari kegiatan ini berupa kemasan yang lebih menarik dan jaringan pemasaran yang lebih sehingga penjualan produk meningkat.


Keywords


Desain, Kemasan, Peyek

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Emmanuella, G., Cahyadi, F., Marietta, B., Agung, A., Wong, T., & Wijaya, D. (2019). Produktivitas Dan Pemasaran Produk Rempeyek pada Usaha Mikro Kecil Menengah di Cianjur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 01(02), 273–289.

Himawan, H., Saefullah, A., & Santoso, S. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-Commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif. Scientific Journal of Informatics, 1(1), 53–63. https://doi.org/10.15294/sji.v1i1.3641

Nugroho, F. E. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Studi Kasus Tokoku. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 717. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.786

Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan Umkm Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi [J.A.M.I.E.], 1(1), 40–49. Retrieved from http://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/JAMIE




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v9i2.9377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Afif Kholifah, Deni Aji Saputra, Elian Sanjaya, Indah Sari, Sari Suhendriani, Iffah Muflihati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.