PARADIGMA DAN EPISTEMOLOGI DAKWAH

Abdullah Abdullah

Abstract


Paradigma dan epistemologi memegang peranan penting dalam perkembangan suatu disiplin ilmu. Paradigma dimaknai sebagai pandangan yang mendasar tentang apa yang menjadi pokok persoalan dalam ilmu pengetahuan. Berdasarkan paradigma tertentu, ilmuwan merumuskan obyek atau sasaran ilmu dan permasalahannya, serta menentukan metode yang dipakai untuk mencari jawaban dari suatu masalah. Sementara epistemologi merupakan  cabang atau sub dari filsafat yang membicarakan hakikat, batasan, prosedur keilmuan yang ditempuh untuk menghasil pengetahuan ilmiah. Paradigma dakwah telah bergeser dari tablig kepada rekontruksi masyarakat Islam berdasarkan pesan-pesan Alquran, melalui dakwah bil-lisan, bil-kitabah dan bil hal. Sementara epistemologi dakwah mulai bergeser dari pemikiran normatif - deduktif kepada pemikiran rasional - empiris.


Keywords


Paradigma, epistemologi dan pengembangan Ilmu Dakwah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ilmu Dakwah: Kajian Ontologi, Epistemologi, Aksiologi dan Aplikasi Dakwah. Bandung: Citapustaka Media, 2015.

_______, Dakwah Kultural dan Struktural, Bandung: Citapustaka Media, 2013.

Abdullah, M. Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Ahmad, Amrullah (Ed.), Dakwah Islam dan Perubahan Sosial, Yogyakarta: Prima Duta, 1983.

Ahmad, Amrullah, “Sistem Pendidikan Fakultas dakwah, dalam Media Dakwah, N0.241, Juli 1994.

_______, Dakwah Islam Sebagai Ilmu, Makalah pada Pertemuan Dekan, Medan: Fakultas Dakwah IAIN Sumatera Utara, 1996.

Amin, Samsul Munir, Rekonstruksi Pemikiran Dakwah, Jakarta: Amzah, 2008.

_______, Ilmu Dakwah, Jakarta: Amzah, 2009.

Aziz, Moh. Ali, Ilmu Dakwah, Jakarta: Prenada Media, 2015.

Bakhtiar, Amsal, Filsafat Agama: Wisata Pemikiran dan Kepercayaan Manusia, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2007.

_______, Filsafat Ilmu, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.

Basit, Abdul, Filsafat Dakwah, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.

Husaini, Adian, Filsafat Ilmu: Perspektif Barat dan Islam, Jakarta: Gema Insani, 2013.

Idri, Epistemologi Ilmu Pengetahuan, Ilmu Hadis dan Ilmu Hukum Islam, Jakarta: Prenada Media, 2015.

Ismail, A. Ilyas dan Prio Hotman, Filsafat Dakwah: Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban, Jakarta: Prenada Media, 2011.

_______, Paradigma Dakwah Sayyid Quthub: Rekonstruksi

Pemikiran Dakwah Harakah, Jakarta: Penamadani, 2008.

Jujun S. Suriasumantri, Ilmu Dalam Perspektif, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 1983.

_______, Filsafat Ilmu:Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1993.

Kusnawan, Aep, Demensi Ilmu Dakwah, Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Kusnawan, Aep, (Ed), Ilmu Dakwah: Kajian Berbagai Aspek, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004.

Lubis, Nur A. Fadhil, Rekonstruksi Pendidikan Tinggi Islam, Medan, UIN Press, 2015.

Mababaya, Norlain Dindang, Da’wah According to The Qur’an and The Sunnah, Riyadh: Darussalam, 1998.

Mulkhan, Abdul Munir, Paradigma Intelektual Muslim, Pengantar Filsafat, Pendidikan Islam dan Dakwah, Yogyakarta: Sipress, 1993.

Pimay, Awaluddin, Paradigma Dakwah Humanis: Strategi dan Metode Dakwah Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Semarang: RaSAIL, 2005.

Qomar, Mujamil, Epistemologi Pendidikan Islam, Jakarta: Erlangga, 2005.

Rakhmat, Jalaluddin, Rekayasa Sosial, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Riyanto, Waryani Fajar, Studi Islam Indonesia: Annual International Conference on Islamic Studies, Yogyakarta: Kurnia Kalam Semesta, 2014.

Shihab, M. Quraish Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati, 2006.

Solihin, Sohirin M, Islamic Da’wah: Theory and Practice, Kuala Lumpur: IIUM Press, 2008.

Subandi, Ahmad. Ilmu Dakwah. Bandung: Syahida, 1994.

Sulthon, Muhammad, Desain Ilmu Dakwah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Zaprulkhan, Filsafat Ilmu: Sebuah Analisis Kontemporer, Jakarta: RajaGrafindo Persada. 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v7i1.5609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abdullah Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.