Menelaah Novel Janji Karya Tere Liye Dakwah Anomali Pengembangan Masyarakat Islam

Faridah Faridah

Abstract


Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan  dakwah anomali  dalam Novel Janji karya  Tere Liye dalam rangka Pengembangan Masyarakat Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari  dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian yakni: Pertama anomali terhadap subjek yakni, da’I ‘Bahar’ yang hanya setahun di psantren, ia dikeluarkan karena kenakalannya menyebabkan Gumilang syahid.  Kedua anomali terhadap objek yakni   seperti :Acong ,’bos geng Kota Lama,  nara pidana, sipir senior, sipir, Asep ‘tuna netra’ ayah Delima, Delima, Etek, muhib, Haryo, Surti, Budi, mandor, office boy, 7 pegawai Rumah makan Delima, dua suka relawan Rumah Yatim. Ketiga anomali terhadap materi yakni berdasarkan pusaka yang diberikan Buya sesaat sebelum Bahar keluar penjara sebagai berikut:  (1) Selalu hormati dan bantu tetangga, (2) Selalu lindungi yang lemah dan teraniaya, (3) Senantiasa jujur dan tidak pernah mencuri, dan (4) Bersabarlah atas apa pun ujianmu, dan (5) bersedekah, bersedekah, dan bersedekahlah.  Meski Bahar melakukan dakwah anomali hanya berbekal materi sederhana  yang sangat terbatas dalam pengembangan masyarakat Islam namun ia sudah melaksanakannya dengan sangat baik, bahkan dapat dikatakan melampaui da’i-da’i  yang cukup dibekali dengan ilmu-ilmu keislaman. Ia sudah melakukan tindakan nyata menawarkan alternatif modern dalam memecahkan masalah umat untuk Pengembangan Masyarakat Islam

Keywords


Novel, Dakwah; Anomali; Pengembangan Masyarakat Islam

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Ed. (2020). Dakwah Membangun Peradaban. Medan: Perdana Publishing

Ahmad, A (Ed). (1985). Dakwah Islam dalam Perubahan Sosial. Yogyakarta:PLP2M

Amarullah, Ahmad. (1999). Makalah Pada Sarasehan Gunung Jati. Bandung.

Liye, Tere (2021). Janji. Depok Jawa Barat: PT Sabak Gri6p Nusantara.

Muryati, Hj. Siti dan Hermianto, Puji. AlQur’an Terjemah. Bekasi: PT. Citra Mulia Agung.

Mukhlis, Aliyuddin. (2009). Pengembangan Masyarakat Islam dalam Sistem Dakwah Islamiyah. Jurnal Ilmu Dakwah, 2009 (Vol.4 No 14). FDK UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs/article/view/421/435.

Purwanto, Harry dan Nuha, Achmad Arifulin. Post Dakwah di Era Cyber Culture. (2020). Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, Dakwatuna 2020 (Vol.6 No.2). Institut Agama Islam Syarifuddin, Lumajang, Indonesia. https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v6i2.633.

Sarbini, Ahmad (2010). Paradigma Baru Pemikiran dakwah Islam. Jurnal Ilmu Dakwah (vol 5 No.15). FDK UIN Sunan Gunung Djati Bandung. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs/article/view/426.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v10i1.11468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 faridah faridah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.