Pemberdayaan Masyarakat Melalui Online Marketing: Penguatan Ekonomi Masyarakat Desa Berbasis Digital

Zaifuddin Zaifuddin

Abstract


 

Indonesia yang telah  turut mengembangkan inovasi tekhnologi melalui pembangunan ekonomi digital menjadi tantangan besar bagi masyarakat. Tantangan yang dihadapi ialah transformasi, yang dapat mengubah banyak hal dan menimbulkan disrupsi. Perubahan fundamental melalui inovasi akan menghadirkan pasar baru dan mengikis bangunan pasar lama. Perkembangan ini akhirnya menciptakan produk dan layanan berbeda. Penelitian ini mengkaji tentang Sahabat Community yang telah memberdayakan masyarakat melalui online marketting.

Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan studi terhadap komunitas penjual online yang memiliki konsep pemberdayaan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta partisipasi penulis. Pada kajian ini, ditemukan bahwa strategi Sahabat Community yakni melalui tahap sosialisasi, pengenalan tools, pengoperasian, dan analisis segmentasi. Dampak ekonomis dapat diidentifikasi melalui kontribusi pendanaan anggota terhadap operasional pemberdayaan. Dengan ini bahwa konsep sinergis kolaboratif melalui sistem dropship menjadi strategi baru dalam pemberdayaan, karena dapat dilakukan dari sudut manapun, dan dapat diintegrasikan keberbagai marketplace media lain.

Keywords


Pemberdayaan; Sahabat Community; online marketting

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


DAFTAR PUSTAKA

Afandi, Agus. “Asset Based Community Development (ABCD),” t.t., 22.

Anwar. Wawancara Bersama Divisi Pengembangan Sumberdaya Manusia, 22 November 2020.

Arifin, Samsul. “Memberdayakan Masyarakat Melalui Marketting Online.” Dipresentasikan pada Perencanaan Pembentukan Komunitas Bagi Tenaga Guru Sekolah Swasta Dan Pemuda Desa, Rumah Ketua Komunitas Dusun Jurgang, 2018. Sahabat Community.

Arifin, Zainal. Santunan Komunitas Divisi Pemberdayaan Bagi Keluarga Kurang Mampu Dan Anak Yatim, Mei 2020.

Community, Sahabat. “Observasi Dan Dokumentasi Penulis Selama Berbartisipasi Dalam Program Serta Wawancara Dengan Anggota Komunitas.” Ketua Komunitas, Agustus 2020.

Febriyantoro, Mohamad Trio, dan Debby Arisandi. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean.” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Dewantara (JMD) 1, no. 2 (2018): 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175.

“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” Diakses 6 Desember 2020. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/digital.

Jailani. Bantuan Pembangunan Rumah Ibadah “Masjid Darussalam Divisi Humas, 3 Juni 2020.

Karima. Wawancara Dan Observasi Bersama Tenaga Pengajar Sekolah Taman Kanak-Kanak Al-Karomah Dusun Jurgang, 5 Juli 2020.

“KKP | Kementerian Kelautan dan Perikanan.” Diakses 24 Oktober 2020. https://kkp.go.id/djprl/artikel/21045-konservasi-perairan-sebagai-upaya-menjaga-potensi-kelautan-dan-perikanan-indonesia.

KOMINFO, PDSI. “Terobosan Pemerintah Untuk Percepat Ekonomi Digital Indonesia.” Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Diakses 24 Oktober 2020. http:///content/detail/15975/terobosan-pemerintah-untuk-percepat-ekonomi-digital-indonesia/0/berita_satker.

Maryanto, Rusmanto. Pengantar Digital Marketing: Modul Praktikum Manajemen Pemasaran Berbasis IT. Rusmanto Self-publishing, t.t.

M.Pd, Dr Zubaedi, M. Ag. Pengembangan Masyarakat: Wacana dan Praktik. Kencana, 2016.

M.Sc, Prof Dr Sri Adiningsih, S. E. Transformasi Ekonomi Berbasis Digital di Indonesia: Lahirnya Tren Baru Teknologi, Bisnis, Ekonomi, dan Kebijakan di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama, 2019.

Mukhlis, M. Wawancara Bersama Wakit Ketua Sahabat Community Mengenai Pengoperasian Atau Praktik Menjalankan Aplikasi, Desember 2020.

Purwana, Dedi, R. Rahmi, dan Shandy Aditya. “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit.” Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) 1, no. 1 (17 Mei 2017): 1–17. https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01.

Rachman, Rio Febriannur. “Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Media Digital Di Surabaya Dalam Perspektif Islam.” KOMUNITAS 10, no. 2 (23 Desember 2019): 157–76. https://doi.org/10.20414/komunitas.v10i2.1227.

Suharto, Edi. Membangun masyarakat, memberdayakan rakyat: kajian strategis pembangunan kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Bandung: Refika Aditama, 2005.

Sutrisno, Budi. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS TEKNOLOGI FINANSIAL.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 7 (4 Juli 2018): 544–47.

Vaidi, Ach. Wawancara Bersama Wakil Ketua Komunitas Bagian Divisi Pengembangan Sumberdaya, Desember 2020.

Yamani, Achmad Zaki, Arif Wirawan Muhammad, dan Muhammad Nur Faiz. “Penguatan Ekonomi Lokal Pada Pelaku UMKM Berbasis Digital Di Desa Winduaji Kabupaten Brebes.” Madani : Indonesian Journal of Civil Society 1, no. 1 (31 Agustus 2019): 24–28. https://doi.org/10.35970/madani.v1i1.29.

Tribun Madura. “Empat Bulan Cekoki Warga Sumenep Dengan Sabu, Pria Desa Juruan Laok ini Ditangkap Badan Narkotika.” Diakses 7 Desember 2020. https://madura.tribunnews.com/2019/10/19/empat-bulan-cekoki-warga-sumenep-dengan-sabu-pria-desa-juruan-laok-ini-ditangkap-badan-narkotika.

Tribun Madura. “9 Remaja di Sumenep Diringkus Polisi saat Sedang Gelar Pesta Miras, 3 Orang di Antaranya Perempuan.” Diakses 7 Desember 2020. https://madura.tribunnews.com/2020/09/06/9-remaja-di-sumenepdiringkus-polisi-saat-sedang-gelar-pesta-miras-3-orang-di-antaranya-perempuan.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jpm.v10i1.10044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Zaifuddin Razti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.