Motives And User Satisfaction Level Of IGTV @Temanbumil During The Pandemic

Bella Shania Ardilla, Santi Delliana

Abstract


Abstrak

Pesan kesehatan kini bisa ditemukan di berbagai media, termasuk media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan dan tingkat kepuasan yang dicapai oleh pengguna media (followers) ibu hamil @Temanbumil. 10 konten IGTV @Temanbumil yang memiliki viewer, like dan komen atau respon yang cukup banyak dari para followers @Temanbumil. Beberapa IGTV @Temanbumil tersebut memiliki 30.000–70.000 Viewers, 1.000–3.200 likes, beberapa komentar positif dan respon dari para followers @Temanbumil (pada tanggal 4/4/2020). Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode survey eksplanatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif di balik pengguna media IGTV @Temanbumil adalah kepuasan informasi dan bahwa pengguna media ibu hamil mendapat tingkat kepuasan tertinggi. IGTV @Temanbumil bisa memuaskan pengguna media ibu hamil. Informasi, identitas pribadi, integrasi sosial dan keterlibatan, dan hiburan adalah empat kategori. Kemudian untuk motif penelitian yaitu pengetahuan 3,55, identitas pribadi 3,31, kenikmatan 3,18, dan motif integrasi dan interaksi sosial 2,98 diperoleh hasil urutan. Motivasi informasi merupakan variabel yang paling kuat dan bernilai paling tinggi dalam variabel motif. Dalam situasi ini, informasi mendesak ibu hamil untuk mengikuti akun Instagram yang berfokus pada kehamilan IGTV @Temanbumil. Kesimpulannya bahwa motif dan kepuasan pengguna media berhubungan dengan IGTV @Temanbumil yang membahas tentang kesehatan kehamilan kategori tinggi.


Abstract

Health messages can now be found in various media, including social media. This study aimed to find out the reasons and the level of satisfaction achieved by media users (followers) pregnant women @Temanbumil. Ten @Temanbumil IGTV content with many views, likes, comments, or responses from @Temanbumil followers. Some of @Temanbumil's IGTVs have 30,000–70,000 Viewers, 1,000–3,200 likes, some positive comments and responses from @Temanbumil followers (on 4/4/2020). This study uses the uses and gratification theory. The paradigm used is positivistic with a quantitative approach. The method used is the explanatory exploratory survey method with the purposive sampling technique. The results showed that the motive behind @Temanbumil's IGTV media users was information satisfaction and that pregnant women media users got the highest level of satisfaction. Therefore, IGTV @Temanbumil can satisfy media users for pregnant women. Information, personal identity, social integration and engagement, and entertainment are the four categories. Then, the results obtained are sequences for the research motives, namely knowledge 3.55, personal identity 3.31, enjoyment 3.18, and the motive for integration and social interaction 2.98. Information motivation is the most potent variable and has the highest value in the motive variable. In this situation, information urges pregnant women to follow the Instagram account that focuses on pregnancy IGTV @Temanbumil. The conclusion is that the motives and satisfaction of media users are related to IGTV @Temanbumil, which discusses the high category of pregnancy health


Keywords


IGTV; The Theory Of Uses And Gratifications; Pregnancy

Full Text:

PDF

References


Atmoko, B. D. (2012). Instagram Handbook. Media Kita.

Dewaweb Team. (2018). Mengenal IGTV: Fitur Baru Instagram. Retrieved from https://www.dewaweb.com/blog/mengenal-igtv-fitur-baru-instagram/

Dewi, A. P., & Delliana, S. (2020). Self Disclosure Generasi Z Di Twitter. Ekspresi Dan Persepsi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 62–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33822/jep.v3i1.1526

F. Luvena, V. Maureen, F. Lesmana. (2019). Uses And Gratifications Of Genta Magazines Among Petra Christian University ’ S Student. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, Vol 5, No 01. https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/1739/1461

Ferica, S., Parlindungan, D.R. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Online Shop @diet_inget_irwan. Kalbisocio, Jurnal Bisnis dan Komunikasi, Vol. 7 No. 2. http://ojs.kalbis.ac.id/index.php/kalbisocio/article/view/149

Ghufron, M. N. da. R. R. (2012). Teori-Teori Psikologi. Ar-Ruzz Media.

Hootsuite and We Are Social. (2020). Digital in 2020 : Essential Insights Into. Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerce Use Around The World.

J. Mehrad, P. Tajer. (2016). Uses And Gratification Theory In Connection With Knowledge And Information Science: A Proposed Conceptual Model. International Journal of Information Science and Management, Vol. 14 (2), 1-14. https://ijism.ricest.ac.ir/index.php/ijism/article/view/787.

Johnson, J. Y. (2016). Keperawatan Maternitas Demystified Buku Wajib Bagi Praktisi dan Mahasiswa Keperawatan. Rapha Publishing.

Joshi, A., S. Kale, S. Chandel, Pal. D. (2015). Likert Scale: Explored and Explained. British Journal of Applied Science & Technology, Vol. 7 (4), 396-403. 10.9734/bjast/2015/14975.

Karman. (2013). Riset Penggunaan Media dan Perkembangannya Kini - Researches on Media Uses And Its Development. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, Vol. 17 (1), 103-121. http://dx.doi.org/10.31445/jskm.2013.170106

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1974). Uses and Gratifications Research. The Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/2747854?seq=1

Kriyantono, R. (2020). Teknik Praktis RisetKomunikasi Kuantitatif dan Kualitatif (2nd ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Kuswanti, I. . (2014). Asuhan kehamilan. PT. Pustaka Pelajar.

Lestari, N., Fadilah, A. N., & Wuryanta, E. W. (2020). Empowered Women & Social Media: Analyzing #YourBeautyRules in Cyberfeminism Perspective. Jurnal ASPIKOM, 5(2), 280–293. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v5i2.664

Lievrouw, L. A. (2011). Alternative and Activist New Media. Polity Press.Mcquail, D. (2011). McQuail’s Mass Communication Theory. London, United Kingdom: Sage Publications Ltd.

Mondary. (2008). Pemahaman Teori dan Praktik Jurnalistik. Ghalia Indonesia.

Monggilo, Z. M. (2016). Kajian Literatur Tentang Tipologi Perilaku Berinternet Generasi Muda Indonesia. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, Vol 13, No 1. https://doi.org/10.24002/jik.v13i1.599.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi). Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.

R. Marta (2013). Analisis Perbedaan Kepuasan Pembaca Tabloid Gratis Surabaya Shopping Media dan Iklan Pos di Surabaya. Nirmana, Vol. 15 No. 1 (2013): JANUARY. https://doi.org/10.9744/nirmana.15.1.45-60

Riyanto (2017). Efektivitas Media Internet Terhadap Kepuasan Khalayak Media. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, Vol 2, No 1. http://dx.doi.org/10.33376/ik.v2i1.16

Savitri, S., & Irwansyah. (2021). The Use of Instagram Stories at the Age of COVID-19 Pandemic. Jurnal ASPIKOM, 6(1), 182–195. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v6i1.750

Sendari, A. A. (2019). Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Retrieved from https://www.liputan6.com/tekno/read/3906736/instagram-adalah-platform-berbagi-foto-dan-video-ini-deretan-fitur-canggihnya

Siregar, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Suparmo, L. (2017). Uses and Gratifications Theory dalam Media Sosial WA (WhatsApp). Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 27-37. https://doi.org/10.21009/communicology.062.02

Systrom, K. (2018). Welcome to IGTV, our New Video App. Retrieved from https://about.instagram.com/blog/announcements/welcome-to-igtv

TemanBumil, I. (2020). No Title. Retrieved from https://www.instagram.com/temanbumil/

West, R., & Turner, L. H. (2017). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (5/Buku 2). Salemba Humanika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v5i2.9958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index