KOMUNIKASI EDUKATIF ANTARA PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Akhiril Pane

Abstract


Interaksi edukatif adalah hubungan dua arah antara pendidik dan siswa dengan sejumlah norma sebagai media untuk mencapai tujuan pendidikan. Pendidik tidak hanya bertanggung jawab untuk menyampaikan materi pengajaran kepada siswa tetapi juga membentuk kepribadian siswa yang bernilai tinggi. Dalam pandangan modern, siswa tidak hanya dianggap sebagai objek atau sasaran pendidikan, tetapi juga harus diperlakukan sebagai mata pelajaran pendidikan. Karena keberhasilan atau kegagalan seorang pendidik dapat diukur dari aspek ini. Di sini pendidik adalah kunci untuk memegang kendali atas siswa. Artikel ini memiliki rumusan bagaimana gambaran komunikasi edukatif antara pendidik dan siswa dalam pendidikan Islam? Sedangkan tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendapatkan gambaran komunikasi pendidikan antara pendidik dan siswa dalam pendidikan Islam. Metode penulisan artikel ini adalah studi pustaka atau Library Research menggunakan teknik pengumpulan data yang diambil dari buku-buku ilmiah dan literatur yang relevan. Sedangkan teknik analisis data adalah Content Analysis, yaitu menganalisis data yang diperoleh dari buku atau literatur yang relevan. Kesimpulan dari penulisan artikel ini adalah bahwa dalam konsep pendidikan Islam komunikasi edukatif ditandai dengan adanya kecocokan antara nilai-nilai sebagai isi pesan dan dampak yang diinginkan oleh pendidik. Semakin tepat nilai yang diterima oleh siswa dan semakin jelas dampak yang diinginkan oleh pendidik, semakin efektif komunikasi pendidikan yang terjadi. Komunikasi edukatif yang berjalan secara efektif akan memungkinkan penyerapan makna pendidikan secara lebih penuh dan mendalam. Dengan demikian, komunikasi pendidikan adalah hal yang sangat penting dan signifikan dalam mendukung keberhasilan pembelajaran dalam pendidikan Islam

Keywords


Interaksi edukatif, Pendidik, Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakir, Nuansa-Nuansa Psikologi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, , 2001.

Basuki & MiftahulUlum, Pengantar Ilmu Pendidikan Islam, Ponorogo: STAIN PO Pres, 2007.

Brantas. Dasar – dasar Manajemen, Bandung: Alfabeta, 2009.

E. Mulyasa, Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT. Rosyda Karya, 2007.

Haditiya Saputra, “Studi Tentang Kemampuan Berkomunikasi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kegiatan Belajar Mengajar di SDN 017 Kota Samarinda”, e-journal Ilmu Komunikasi, tahun 2013, 1 (1), hlm. 290-300, diakses 05 Desember 2019.

Kunandar, Guru Profesional, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007 .

Muhammad Arni, Komunikasi Organisasi, Cet 8, Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Muhammad Nurdin, Kiat Menjadi Guru Profesional, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007.

Ngainun Naim. Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan, Yogyakarta: ArRuzz Medi, 2011.

Pawit M. Yusuf, Komunikasi Instruksional, Teori dan Praktik, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Purwadarminto, Kamus umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

Siti Aminah, “Membangun Komunikasi Efektif antara Pendidik dengan Peserta Didik dalam Perspektif Islam”, Madrasah, Vol. 5, No.2, Januari-Juni 2013.

Suranto AW, Komunikasi Perkantoran (Prinsip Komunikasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan)., Yogyakarta: Media Wacana, 2005.

Suryosubroto B., Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002.

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2005.

Thoha Miftah, Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Triyo Supriyatno, Paradigma Pendidikan Islam Berbasis Teo - Antropo Sosiosentris, Malang: Universitas Islam Negeri Malang, 2004.

Wexley N., Kenneth & Gary A. Yuki diterjemahkan oleh Muh. Shobaruddin, Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003.

Zakiah Deradjat, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i2.6550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index