PENGARUH KAMPANYE POLITIK PASANGAN MURSIL-TENGKU INSYAFUDDIN TERHADAP PERILAKU PEMILIH PADA PILKADA ACEH TAMIANG TAHUN 2017

Azwanil Fakhri

Abstract


Kajian mengenai pengaruh kampanye politik terhadap perilaku pemilih sejauh ini masih jarang dilakukan dalam konteks Pemilu Kepala Daerah di Aceh. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kampanye politik Pasangan Mursil-Tengku Insyafuddin terhadap perilaku pemilih pada Pilkada Aceh Tamiang Tahun 2017. Peneliti menggunakan metode korelasional untuk menganalisis temuan hasil survei yang telah dilakukan kepada 400 orang responden terpilih. Uji hipotesis dianalisis menggunakan rumus regresi berganda dan rumus koefisien korelasi Spearman dengan bantuan perangkat lunak SPSS for Windows 24.0. Hasil penelitian menemukan variabel kampanye politik berpengaruh terhadap perilaku pemilih. Berdasarkan interpretasi nilai Guilford, hasil uji koefisien korelasi antar variabel juga menemukan nilai keeratan hubungan antar variabel berada di rentang rendah sampai dengan sedang dengan tingkat hubungan yang signifikan. Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis yang diajukan bahwa kampanye politik berpengaruh terhadap perilaku pemilih.  


Keywords


Pilkada, Pengaruh, Kampanye Politik, Perilaku Pemilih

Full Text:

PDF

References


Aan, Munawar S. (2013). Metode Riset Kuantitatif Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agustino, Leo. (2009). Pilkada dan Dinamika Politik Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ardial. (2010). Komunikasi Politik. Jakarta: PT. Indeks

Ardianto, Elvinaro & Komala, Lukiati E. (2005). Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, Elvinaro & Q. Anees, Bambang. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Aribowo, Agus. (2013). Bauran Pemasaran Politik, Peristiwa Mutakhir, dan Julukan Diri dalam Meningkatkan Citra Kandidat Serta Implikasinya Terhadap Keputusan Memilih. Tugiman, Hiro., Ria Ratna, Sucherly, Wilson Bangun, & Marcellia Susan (editor). Perkembangan Kewirausahaan dan Tantangannya dalam Menghadapi Perekonomian Indonesia di Masa yang Akan Datang: Proceeding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi tanggal 19-20 Juni 2013 di Universitas Kristen Maranatha Bandung.

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bajari, Atwar. (2015). Metode Penelitian Komunikasi; Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Bawaslu RI. (2017). Indeks Kerawanan Pemilu: Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2017. Jakarta: Bawaslu RI.

Bawono, Muhammad. (2008). Persepsi dan Perilaku Memilih terhadap Partisipasi Politik dalam Pemilihan Umum Legislatif 2004 di Kabupaten Nganjuk. Tesis magister tidak dipublikasikan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Budiardjo, Miriam. (2008). Dasar-dasar Ilmu Politik (Edisi Revisi). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Cangara, Hafied. (2016). Komunikasi Politik; Konsep, Teori, dan Strategi (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Calise, Mauro & Lowi, Theodore J. (2010). Hyperpolitics: An Interactive Dictionary of Political Science Concept. Chicago: The University of Chicago

Caplan, Bryan. (2007). The Myth of the Rational Voter; Why Democracies Choose Bad Policies (Executive Summary). Diunduh tanggal 21 Mei 2018. Sumber: https://object.cato.org/pubs/pas/pa594.pdf

Chafee, Steven H. (2001). Studying the New Communication of Politics. Taylor & Francis Journal of Political Communication Volume 18, 2001.

Darmadi, Durianto., Sugiarto, & Tony Sitinjak. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas Merek dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, Onong U. (2006). Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek (Edisi 16). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Elvinaro A., Komala, Lukiati, & Siti Karlinah. (2007). Komunikasi Massa Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Firmanzah. (2008). Marketing Politik; Antara Pemahaman dan Realitas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

. (2010). Mengelola Partai Politik; Komunikasi dan Positioning, Ideologi Politik dan Era Demokrasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Gama, Bety & Widarwati, Nunun Tri. (2008). Hubungan antara Kampanye Kandidat Kepala Daerah dan Perilaku Pemilih Partisipasi Politik Wanita (Studi pada Ibu-Ibu Rumah Tangga dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Sukoharjo). Jurnal Ilmiah Scriptura, Volume 2, Nomor 1, Januari 2008.

Guilford, J.P. (1956). Fundamental Statistics in Psychology and Education. New York: McGraw-Hill.

Halik, Abdul. (2017). Eksistensi Simbolik Aktivisme Komunikasi Politik (Refleksi Pertukaran Songkok Bone Jokowi dan Blangkon Jusuf Kalla pada Sidang Tahunan MPR RI, 16 Agustus 2017. Jurnal Komodifikasi, Volume 5, Juni 2017, hal. 1-14.

Harifin, Kurniawati M. (2012). Pengaruh Personal Branding dan Positioning terhadap Perilaku Pemilih dalam Pemilukada di Kabupaten Bone Bolango – Gorontalo. Jurnal Ilmu Politik, Volume 3, Nomor 1, April 2012.

Haryanto. (2014). Kebangkitan Party ID: Analisis Perilaku Memilih dalam Politik Lokal di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Volume 17 Nomor 3, Maret 2014.

Hasan, Kamaruddin. (2009). Komunikasi Politik dan Pencitraan (Analisis Teoritis Pencitraan Politik di Indonesia). Jurnal online “Dinamika” Volume 2 Nomor 4 Tahun 2009. Palembang: FISIP Universitas Baturaja.

Hikmat, Mahi M. (2014). Metode Penelitian dalam Perspektif Ilmu Komunikasi dan Sastra. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Hutapea, Rinto P. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pilihan Masyarakat Pada Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Toba Samosir Tahun 2015. Tesis magister tidak dipublikasikan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Jefkins, Frank. (1995). Periklanan (Edisi ketiga). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Khairil. (1994). Hubungan Keterdedahan Petani Anggota Kelompencapir pada Siaran Perdesaan dari Radio dan Televisi dengan Pengetahuan Mereka Tentang Diversifikasi Usahatani di Kabupaten Bengkulu Utara. Tesis magister tidak dipublikasikan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring (www.kbbi.web.id)

Karlina, Nita. (2013). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Kota Bandung dalam Memilih Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat 2013. Skripsi sarjana tidak dipublikasikan. Sumedang: Universitas Padjadjaran

Karlinah, Siti. (1999). Komunikasi Massa. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Keputusan Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang Nomor 86 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Keputusan Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang Nomor 01/Kpts/KIP-Kab.001434600 Tahun 2016 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang Tahun 2017.

Keputusan Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang Nomor 135/Kpts/KIP-Kab.001434600 Tahun 2017 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang Tahun 2017.

Kotler, Philip. (2002). Marketing Management, Millenium Edition (1st book). New Jersey, USA: Pearson Education Publisher.

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 1 Edisi ke 13). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.

Lees-Marshment, Jennifer. (2001). Comprehensive Political Marketing; Global Political Parties, Strategy and Behaviour. London: Routledge.

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Penerbit Kencana.

Lilo, Herman & Sultan, M. Iqbal. (2011). Pengaruh Kampanye Program Kegiatan Sosial Partai Demokrat Terhadap Pemilih Petani dalam Pemilu Legislatif 2009 di Kabupaten Soppeng. Jurnal Kareba, Volume 1 Nomor 2 Tahun 2011.

Littlejohn, Stephen W. & Foss, Karen A. (editor). (2016). Ensiklopedia Teori Komunikasi (Jilid 1& 2). Jakarta: Penerbit Kencana.

Makalunsenge, Idrus., Boham, Antonius., & Ridwan Paputungan. (2014). Pengaruh Reklame Politik Pilwako Terhadap Sikap Pemilih Pemula di Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat. Jurnal Acta Diurna, Volume III Nomor 3 Tahun 2014.

Maran, Rafael Raga. (2014). Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Rineka Cipta

Margaretha, Yessy. (2011). Media Massa dan Tindakan Memilih: Studi Peran Media Massa terhadap Tindakan Memilih Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Karo Periode 2010-2015. Skripsi sarjana tidak dipublikasikan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Martha, Layung Pramesti. (2015). Hubungan Penggunaan Sumber Informasi Kampanye dan Partisipasi Politik; Kasus Pilpres 2014 di Kecamatan Cibinong Bogor. Tesis magister tidak dipublikasikan. Bogor: Institut Pertanian Bogor

McNair, Brian. (2003). An Introduction to Political Communication. London: Routledge.

McQuail, Denis. (2010). Teori Komunikasi Massa McQail (Edisi 6 Buku 2). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

McQuail, Denis & Windahl, Sven. (1984). Communication Model for the Study of Mass Communications. New York: Longman Inc.

Miaz, Yalvema. (2012). Partisipasi Politik; Pola Perilaku Pemilih Pemilu Masa Orde baru dan Reformasi. Padang: UNP Press.

Moleong, Rexy J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (Edisi 19). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mujani, Saiful dan Liddle, R. William. (2010). Personalities, Parties, and Voters. Journal of Democracy Volume 21 Nomor 2 Tahun 2010. National Endowment for Democracy and The Johns Hopkins University Press.

Nimmo, Dan. (2006). Komunikasi Politik; Khalayak dan Efek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, Tri Maulia. (2014). Kualitas Demokrasi pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Aceh Tamiang 2012 (Studi Kasus Pemilihan Umum Kepala Daerah Aceh Tamiang 2012). Skripsi sarjana tidak dipublikasikan. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Nurbasari, Anny. (2013). Pengaruh Pemasaran Politik terhadap Keputusan Memilih Walikota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ekonomi: “Effective Strategic Planning to Enhance Local Government Accoutibility and Performance”. November 2013, Hal. 153-180. Banjarmasin: Universitas Lambung Amangkurat.

Nurdin, Ali. (2011). Studi perilaku Pemilih di Indonesia: Fenomena Pemilih Rasional-Pragmatis. Makalah tidak dipublikasikan. Diunduh pada 16 Juni 2017. Sumber:

https://www.academia.edu/12247359/Studi_Perilaku_Memilih_di_Indonesia_Fenomena_Pemilih_Rasional-Pragmatis

Nursal, Adman. (2004). Political Marketing Strategi Memenangkan Pemilu; Sebuah Pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPR, DPD, Presiden. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Nuruddin. (2007). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Pito, Toni Adrianus., Efriza, & Kemal Fasyah. (2013). Mengenal Teori-teori Politik; Dari Sistem Politik Sampai Korupsi. Bandung: Nuansa Cendikia

Puspasari, Tri Setya. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pemilih dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah Provinsi Banten 2011 di Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Skripsi sarjana tidak dipublikasikan. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 7 Tahun 2015 Tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2015 Tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Prasetyo, Budi. (2012). Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah Langsung di Desa Wonokampir Kecamatan Watumalang Kabupaten Wonosobo Tahun 2010. Skripsi tidak dipublikasikan. Salatiga: Program Studi PPKn, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana.

Purwosusanto, Hery. (2011). Komunikasi Pemasaran Politik Partai Islam: PKS dalam Pemilu Legislatif. Jakarta: Penerbit Zaman.

Rakhmat, Jalaluddin. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2007). Psikologi Komunikasi (Edisi revisi). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin & Ibrahim, Idi Subandy. (2016). Metode Penelitian Komunikasi (Edisi Revisi kedua). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Reddi, C. (2009). Effective Public Relations and Media Strategy. New Delhi: PHI Learning Private Limited.

Ritzer, George. (2012). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Penerbit Kencana.

Rosit, Muhammad. (2012). Strategi Komunikasi dalam Pilkada (Studi Kasus Pemenangan Pasangan Kandidat Ratu Atut dan Rano Karno pada Pilkada Banten tahun 2011). Tesis tidak dipublikasikan. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

Rosady, Ruslan. (1997). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relation. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Roth, Dieter. (2008). Studi Pemilu Empiris: Sumber, Teori, Instrumen, dan Metode. Jakarta: Friedrich-Naumann Stiftung fur die Freiheit

Rubyanti, Rika. (2009). Pengaruh Popularitas Terhadap Pilihan Pemilih Pemula Studi Kasus Mahasiswa Departemen Ilmu Politik FISIP USU. Skripsi tidak dipublikasikan. Medan: Departemen Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i2.6527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index