EFEKTIVITAS KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI

Akhiril Pane

Abstract


Pendidikan adalah komunikasi, dalam artian aktivitas melibatkan dua komponen, yaitu pendidik (guru) sebagai komunikator dan mahasiswa sebagai komunikan. Tujuan pendidikan Islam, akan tercapai jika proses komunikasi antara guru dan siswa terjadi komunikasi dua arah, dimana siswa responsif dan responsif terhadap pembelajaran. Komunikasi adalah kunci kegiatan pembelajaran pendidikan Islam. Komunikasi yang efektif dalam pembelajaran pendidikan Islam adalah proses mentransformasi pesan dalam bentuk sains dan teknologi dari pendidik hingga peserta didik, dimana peserta didik dapat memahami tujuan pesan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, sehingga meningkatkan pengetahuan dan wawasan teknologi dan menimbulkan perubahan prilaku yang lebih baik. Pendidik adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas komunikasi efektif yang sedang berlangsung dalam pembelajaran, sehingga guru sebagai pendidik diwajibkan memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menghasilkan proses belajar yang efektif.


Keywords


Komunikasi Guru, Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Asfiati, Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Citapustaka Media, 2014.

Depdiknas RI, Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : Depdiknas, 2003.

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Daryanto, Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2011.

Haitami Salim dan Syamsul Kurniawan, Studi Ilmu Pendidikan Islam, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.

Istarani, 10 Kompetensi Wajib Guru Pendidikan Agama Islam, Medan: Larispa,2015.

Mujamil Qomar, Manajemen Pendidikan Islam, Malang: Erlangga, 2007.

Muhammad Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Jakarta: Maha Putra Adidaya, 2003.

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Anggota IKAPI, 2003.

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Mardianto, Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Medan: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara, 2010.

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Sudarwan Danim, Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2009.

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Medan: Ciputat Press, 2005.

Saefullah, Manajemen Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v1i2.5470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index