ANALISIS SEMIOTIK IKLAN TELEVISI WARDAH VERSI GOES TO PARIS

Tengku Walisyah

Abstract


Kajian ini merupakan hasil penelitian dari analisa terhadap iklan televisi Wardah versi Goes to Paris yang mengambil latar di Paris, Perancis dan dibintangi oleh Dewi Sandra. Dimulai dari pesan visual dalam iklan tersebut; makna yang terkandung di dalamnya; sampai kepada nilai-nilai seperti estetika, eksklusif, serta dakwah turut menjadi fokus pembahasannya. Alhasil, iklan televisi wardah versi goes to paris bernilai luar biasa karena tampilan iklannya tidak hanya menonjolkan sisi komersialisasi belaka namun sekaligus mengedepankan beragam nilai positif.


Keywords


Semiotik, Iklan Televisi, Wardah

Full Text:

PDF

References


Achyar, Mahfud dan Rini Aprilia dalam Achyar’s Journal. Wardah Kampanyekan Tiga Konsep Cantik. http://achyar89.wordpress.com/2015/09/25/wardah-kampanyekan-tiga-konsep- cantik/. Diakses tanggal 27 Januari 2016 pukul 14:44 WIB.

Akbar Malik, Eka. Analisis Semiotik Iklan Korporat Telkomsel Versi “Paling Indonesia” di Televisi. http://www.pustaka.unpad.ac.id/archives/126751/. Diakses tanggal 28 Desember 2015 pukul 21:56 WIB.

Azhari. Eksploitasi Wanita. http://mafahim-azhari.blogspot.com/2007/07/eksploitasi- wanita_27.html. Diakses tanggal 30 Agustus 2012 pkl 11:14.

Aziz, Abdul bin Fathi as-Sayyid Nada. 2003. Ensiklopedia Etika Islam. Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Bungin, Burhan. 2011. Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana.

Ceritamu.com. Health & Beauty: Dari Indonesian Idol Sampe Dangdut Didandanin Wardah. http://www.ceritamu.com/cerita/Dari-Indonesian-Idol-sampe-dangdut-didandanin- Wardah/?preview=90a8bf28c500295d55a329f234ce2dca. Diakses tanggal 26 Januari 2016 pukul 15.27 WIB.

Dakwatuna.com. Hukum Menutup Rambut Bagi Perempuan. http://www.dakwatuna.com/2011/10/28/15847/hukum_menutup_rambut_bagi_perempuan/. Diakses tanggal 17 Pebruari 2016 Pukul 13:30 WIB.

Eliani, Indri. Ideologi Kecantikan dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotik terhadap Iklan POND’S Versi Gadis Balerina). http://www.researchgate.net/publication/50371185_IDEOLOGI_KECANTIKAN_DALAM_IKLAN_TELEVISI_Analisis_Semiotik_terhadap_Iklan_POND’S_Versi_Gadis_Balerina. Diakses tanggal 01 Pebruari 2016 Pukul 13:50 WIB.

Fika Muftiarini, Ainun. Ikon Terbaru Wardah, Dewi Sandra Tersanjung. http://lifestyle.okezone.com/read/2013/04/24/195/797088/ikon-terbaru-wardah-dewi- sandra-tersanjung. Diakses tanggal tanggal 25 Januari 2015 pukul 10:00 WIB.

Hamidah, Lilik dan Chalimatus Sa’diyyah, Analisis Simbol Iklan Rokok Dji Sam Soe Gold Edisi Halus dan Mantap. Jurnalilkom.uinsby.ac.id/…/13. Diakses tanggal 17 November 2015 pukul 07:00 WIB.

http://wardahinspiringbeauty.blogspot.co.id/2013/05/katalog-dan-daftar-harga-wardah.html. Diakses tanggal 27 Januari 2016 pukul 14:44 WIB.

Ismoko. Kisah Jatuh Bangun Bisnis Wardah. http://m.dream.co.id/fresh/kisah-jatuh-bangun- bisnis-wardah-140430f.html. Diakses tanggal 20 Pebruari 2016 Pukul 21:14 WIB.

Lee, Monle dan Carla Johnson. 2004. Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Oktaviani, Kiki. Dewi Sandra Brand Ambassador Terbaru Kosmetik Wardah. http://wolipop.detik.com/read/2013/04/24/180614/2229582/234/dewi-sandra-brand- ambassador-terbaru-kosmetik-wardah. Diakses tanggal 25 Januari 2015 pukul 10:00 WIB.

Pondaag, Agitha Fregina. Analisis Semiotika Iklan A Mild Go Ahead Versi Dorong Bangunan di Televisi. http://ejournal.ac.id/index.php/actadiurna/article/view/977. Diakses tanggal 01 Pebruari 2016 Pukul 13.50 WIB.

Rahmawati, Asih dalam Blog Princess Kinasih. PT Paragon Technology and Innovation (Wardah Cosmetics). http://asihrahmawati1025.blogspot.co.id/2013/02/pt-paragon- technology-and-innovation_2575.html?m=1. Diakses tanggal 26 Januari 2016 pukul 16:08 WIB.

Rustandi, Dudi. 2007. Idealisasi Citra Wanita Cantik dalam Iklan Televisi: Sebuah Pendekatan Cultural Studies dalam Jurnal Observasi: Menyoroti Iklan di Televisi vol. 5 No. 2. Bandung: Simbiosa Rekatama Media dan BP2i.

S.Madjadikara, Agus. 2005. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan: Bimbingan Praktis penulisan Naskah Iklan/Copywriting. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sobur, Alex. 2004. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex. 2009. Analisis Teks Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sopianah, Siti. Analisis Semiotik Terhadap Iklan Susu Bendera Edisi Ramadhan 1430 H di Televisi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/957. Diakses tanggal 01 Pebruari 2016 Pukul 13:31 WIB.

Vemale.com. Wardah Hadirkan Konsep ‘Parisian Style: Bohemian Bourgeois’ di IIFF 2013, http://www.vemale.com/fashion/berita/22462-wardah-hadirkan-konsep-parisian-style- bohemian-bourgeois-di-indonesia-islamic-fashion-fair-20.html. Diakses tanggal 27 Januari 2016 pukul 14:44 WIB.

Wardhani, Dyah. Representasi Perempuan dalam Iklan Televisi. http://www.academia.edu/7118019/Representasi_Perempuan_dalam_Iklan_Televisi. Diakses tanggal 12 Pebruari 2016 pukul 16:14 WIB.

Widyatama, Rendra. 2009. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v1i2.5469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index