PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA ANTARA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL

Maxtulus Junedy Nababan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan kata lain model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.


Keywords


Komunikasi Matematis, STAD, Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Ansari, B. I. Konsep dan Aplikasi Matematik. Banda Aceh: Yayasan Pena. 2009

Baroody, Arthur J. Problem Solving, Reasoning, And Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically: Macmillan Publishing Company. New York. 1993

Dewi, Izwita. Aspek-Aspek Komunikasi yang Diperlukan Dalam Komunikasi Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNESA. 2009

Ibrahim, M, dkk. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. 2000

Van de Walle, J.A. Matematika Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga. 2007


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

======================================

Published by :

Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 2037


Creative Commons License

Komunikologi : Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index