KETERAMPILAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) KELAS V BAHASA INDONESIA DI MIS KESUMA ELKAEMDE NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2016/2017

Eka Oksani Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan pembelajaran hasil siswa degan menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual (CTL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan deskripsi bahan tulis esai di kelas V MIS Kesuma Elkaemde Kec. Namorambe Tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual dan Pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan uraian dan deskripsi bahan esai yang dilakukan adalah observasi dan deskripsi penulisan esai. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan model Pembelajaran Kontekstual dan Bahasa Indonesia dengan deskripsi bahan tulis esai di kelas V MIS Kesuma Elkaemde Kabupaten Namorambe tahun 2016/2017, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran termasuk dalam kategori baik.


Keywords


Menulis; Hasil Pembelajaran; Model Contextual Teaching and Learning (CTL); Essai.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (dkk). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara. 2015

Aqib, Zainal dkk. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV. Yrama widya. 2010

Dalman, H. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2014

Hamdayama, Jumata. Metodologi Pengajaran.Jakarta:PT Bumi Aksara. 2016

Huda, Miftahul. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014

Istarani. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada. 2012

Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo. 2012

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kata Pena. 2014

Muslich, Masnur. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara. 2016

Rusman. Model-model pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2013

Sahertian, A Piet. Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2010

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo. 2014

Shoimin, Aris. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. 2014

Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Taristo. 2013

Sumantri, Mohamad Syarif. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers. 2015

Susanto, Ahmad. Teori Belajar Pemebelajarn di Sekolah Dasar. Jakarta:

Prenadamedia Group. 2016

Tantawi, Isma. Bahasa Indonesia Akademik. Bandung: Citapustaka Media. 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v1i2.5463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index