KOMUNIKASI PENDIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (KELAS IV SD NEGERI NO.14 SIMBOLON PURBA)

pindo hutauruk

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba pada kompetensi dasar menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba Kabupaten Samosir yang berjumlah 20 siswa. Persentase observasi aktivitas guru mengalami peningkatan dari 72,36% pada siklus I menjadi 85,52% pada siklus II. Persentase observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 70% pada siklus I menjadi 85% pada siklus II. Hasil penelitian pada persentase ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan dari 65% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri No.14 Simbolon Purba.


Keywords


Model Problem Based learning; Pelaksanaan Pembelajaran; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta. Bumi Aksara

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Ghalia Indonesia

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit: Rineka cipta, Jakarta.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

======================================

Published by :

Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 2037


Creative Commons License

Komunikologi : Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index