PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA SISWA KELAS II MIS ALKHAIRAT DELITUA
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mengingat dan memahami di dalam membaca permulaan Bahasa Indonesia yang dapat mempengaruhi hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dilakukan perbaikan pembelajaran melalui media kartu kata yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan kemampuan membaca permulaan Bahasa Indonesia siswa di kelas II MIS Alkhairat Delitua. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar MIS Alkhairat yang menjadi subyek siswa kelas dua yang berjumlah 38 siswa, sekaligus menjadi objeknya adalah untuk Meningkatkan kemampuan membaca permulaan bahasa Indonesia dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas II MIS Alkhairat Delitua. Jenis penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR). Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar uji dan observasi yang telah divalidasi oleh validator.Penelitian ini dilakukan dengan 2 siklus dan setiap siklus dilakukan selama 2 jam pelajaran. Dari hasil yang diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan II masing-masing sebesar 68,67 dan 80,27. Implementasi pembelajaran diukur melalui kegiatan lembar observasi guru dan aktivitas siswa dan masing-masing mencakup kedua kategori tersebut. Dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik dan melalui penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi membaca permulaan bahasa Indonesia di Kelas II MIS Alkhairat Delitua.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Susanto. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Hamruni. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka PelajarSardiman. 2014 .Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. 2015. Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Sudjana .2013.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda karya
Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca. Bandung: Angkasa Bandung
Tampubolon Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Erlangga
Trianto.2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif.Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group
Zainal Aqib, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Rama Widya
Bubun Sihabul Millah, dalam http://alsyihab.blogspot.com/2010/10/penerapan-strategi-pq4r-preview.html. Akses Rabu, 21 Desember 2016
Soelaiman, dalam http:// info dan pengertian.blogspot.co.id/2015/04/ pengertian- kemampuan-ability-menurut.html. Akses Rabu, 21 Desember 2016
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 hasni suciwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXING BY :
======================================
Published by :
Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara
Medan, Indonesia
Editorial Office :
Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371
Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index