Representasi Hubungan Cinta-benci Indonesia dan Malaysia dalam Lagu Isabella Tinjauan Analisis Komunikasi Antarbudaya

Fakhrur Rozi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang eksistensi lagu “Isabella” yang diciptakan band asal Malaysia, Search. Selama tiga dekade lagu ini, dengan berbagai versi, masih sangat akrab di telinga dan benak publik di Indonesia dan Malaysia. Sebagai produk komunikasi, lagu Isabella memenuhi kaidah sebagai pesan Komunikasi Antar Budaya dalam Hubungan Indonesia – Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan/literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif dalam perspektif Komunikasi Antarbudaya. Pada hasilnya, terdapat representasi hubungan cinta-benci (Love-hate Relationship) antara Indonesia-Malaysia dalam lagu Isabella. Terlihat identitas budaya antara Indonesia dan Malaysia yang berinteraksi, akhirnya menciptakan kompetensi komunikasi antar budaya yang melahirkan komunikasi yang mindfullnes, menghasilkan shared meaning, antara Indonesia – Malaysia untuk mencapai kesamaan pada situasi tertentu dalam lirik tersebut. Lagu Isabella sebagai produk kebudayaan menjadi menegaskan diri mampu menjadi medium komunikasi antar budaya.

 

Abstract

This study discusses the existence of the song "Isabella" which was composed by a band from Malaysia, Search. For three decades, this song with various versions is still very familiar to the ears and minds of the people of Indonesia and Malaysia. As a communication product, Isabella's song fulfills the convention as a message of Intercultural Communication in Indonesia-Malaysia Relations. This study uses the method of literature / literature with a qualitative descriptive approach in the perspective of Intercultural Communication. In the end, there is a representation of the love-hate relationship between Indonesia and Malaysia in Isabella's song. It can be seen that the cultural identities between Indonesia and Malaysia interact, eventually creating intercultural communication competence which gives birth to mindful communication, thus producing a shared meaning, between Indonesia and Malaysia to achieve similarities in certain situations in the lyrics. Isabella's song as a cultural product emphasizes being able to become a medium of intercultural communication.


Keywords


Love-Hate Relationship, Song, Intercultural Communication

Full Text:

PDF

References


Erlangga, I., Ibrahim, I., & Ranto, R. (2021). Negosiasi Identitas Budaya Etnis Pendatang dengan Etnis Lokal di Kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan. Journal of Government and Social Issues (JGSI), 1(1), 18–32.

Ibrahim, I. S (2007). Budaya Populer Sebagai Komunikasi, Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer. Jogyakarta: Jalasutra.

Liliweri, Alo. (2007). Makna Budaya Dalam Komunikasi AntarBudaya. LkiS Yogyakarta: Yogyakarta.

Mulyana, Deddy. (2006). Komunikasi Antarbudaya (Panduan Berkomunikasi Dengan Orang-orang Berbeda Budaya). Bandung.

Rahardjo, T., Hapsari Dwiningtyas Sulistyani, & Lintang Ratri Rahmiaji. (2022). Pemaknaan Artefak Budaya dan Tuturan Perayaan Keagamaan. Jurnal Komunikasi, 17(1), 81–96. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol17.iss1.art6

Rozi, F. (2016). Pemberitaan Klaim Malaysia atas Tortor dan Gordang Sambilan di Harian Waspada dalam Kajian Analisis Wacana Kritis. Jurnal Komunika Islamika, 3(3), 46-63.

Samovar, Larry A. Richard E.Porter, dan Edwin R.McDaniel. (2010). Komunikasi antar budaya : Communication Between Cultures. Salemba Humanika, Jakarta

Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476

Sya, M., Marta, R. F., & Hadi, I. P. (2020). Refleksi Pluralisme Melalui Film Animasi Si Entong Sebagai Identitas Budaya Indonesia. Jurnal Riset Komunikasi (JURKOM), 1 (, 18–33.

Ting-Toomey, Stella. (1999). Communicating Across Cultures. New York: Guilford Publication, Inc.

West, R., & Turner, L. H. (2014). Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Yuliarti, M. S. (2015). Komunikasi Musik: Pesan Nilai-Nilai Cinta Dalam Lagu Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2).

Sumber Bacaan Lain:

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/627/Sekilas%20Tentang%20Sejarah%20Bahasa%20Indonesia (diakses 25 November 2022 pukul 22.27 WIB)

https://tirto.id/musik-di-tengah-konflik-indonesia-malaysia-cu8t

https://tirto.id/soeharto-mahathir-kemesraan-antara-indonesia-malaysia-cu4R

https://www.theguardian.com/music/2015/oct/31/music-language-human-rights-political-diplomacy

https://matthewhanzel.com/2011/03/02/seni-dan-diplomasi/




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v6i2.15329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING BY :

 

 

======================================

Published by :

Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara

Medan, Indonesia


Editorial Office :

Jl. Williem Iskandar Psr.V Medan Estate 20371


Creative Commons License

Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial by Program Studi Ilmu Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/KOMUNIKOLOGI/index