PATUH KEPADA TUHAN ATAU PEMERINTAH? CULTURE SHOCK MASYARAKAT MUSLIM INDONESIA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Tri, Eri, Dimas Teguh Ameliyaningsih, Kartika, Prasetyo

Abstract


Abstrak

Pandemi Covid-19 memaksa orang-orang untuk menjaga jarak sosial dan fisik. Adanya peraturan jaga jarak tersebut dikukuhkan dalam kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah kota Indonesia. Penerapan PSBB turut berimplikasi pada kegiatan masyarakat muslim di ruang publik. Masyarakat muslim yang biasanya beribadah di masjid secara berjemaah, dituntut untuk dapat beribadah dari rumah. Namun, kebijakan tersebut tidak sepenuhnya dipatuhi karena adanya keyakinan individu dalam mematuhi aturan agama. Fenomena ketidakpatuhan masyarakat muslim terhadap PSBB karena keyakinan ajaran agama diduga sebagai sebuah bentuk culture shock. Studi ini menggunakan tinjauan literatur untuk mencoba menjelaskan konsep culture shock yang terjadi pada masyarakat muslim selama penerapan PSBB di beberapa wilayah di Indonesia. Analisis dilakukan dengan berdasarkan fakta yang diperoleh dari artikel jurnal ilmiah, media massa dan buku yang relevan. Penulis fokus pada respons masyarakat terkait kegiatan keagamaan yang digambarkan dengan konsep culture shock yakni keresahan ketika dihadapkan pada kondisi, lingkungan dan budaya yang beda dari biasanya dan mengharuskan mereka melakukan adaptasi kegiatan keagamaan dari ruang publik ke rumah masing-masing. Pada akhir penulisan, masyarakat muslim masih bisa menjalankan ibadah sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhan dengan mematuhi peraturan PSBB, pemerintahan Indonesia.

Kata kunci: Covid-19; Culture Shock; Muslim; PSBB; Ritual Keagamaan

 

Abstract

Pandemic of coronavirus disease 2019 (Covid-19) force people to maintain social and physical distance. The presence of such mileage regulations is firmly established in large-scale social restrictions (PSBB) policies in a number of Indonesian cities. The application of PSBB can impair the activities of muslim people in public spaces. Muslim communities that normally worship in mosques are required to worship from home. However, such policies are not fully enforced because of individual confidence in obeying rules in religion. The phenomenon of muslim civil disobedience in PSBB because of faith in religious teachings is suspected to be a form of culture shock. The study uses a review of literature to try to explain the concept of culture shock that occurred to muslim communities during the implementation of PSBB in parts of Indonesia. Analysis is based on facts obtained from scientific journal articles, mass media and books. The authors focus on the response of the people to the religious activity depicted by the concept of culture shock of anxiety when exposed to different conditions, environments and cultures and require them to adapt to religious activities from public to home. At the end of the writing, muslim societies should still be able to observe worship as a form of obedience to god by abiding by the rule of the Indonesian government's PSBB.

Keywords: Covid-19; Culture Shock; Muslim; Policy; Religious Rituals 


Keywords


Covid-19; Culture Shock; Muslim; PSBB; Ritual Keagamaan

References


Abbasian, F. dan Sharifi, S. 2013. The Relationship Between Culture Shock and Sociolinguistic Shock: A Case Study of Non-Persian Speaking Learners. Journal of Social Science Research, 1(6). 154-159.

Alyanak, O. 2020. Faith, Politics and the COVID-19 Pandemic: The Turkish Response. Medical Anthropology, 1-2. doi: https://doi.org/10.1080/01459740.2020.1745482

Anggy, F. 21 Maret, 2020. Viral, Sekelompok Warga Ini Demo karena Ingin Jumatan di Masjid Padahal Sudah Dilarang. Dikutip dari https://mediabro.id/viral-sekelompok-warga-ini-demo-karena-ingin-jumatan-di-masjid-padahal-sudah-dilarang-pemerintah/

Ariefana, P. 20 Maret, 2020. Sekelompok Orang Ngamuk di Masjid Raya Bandung karena Tak Boleh Salat Jumat. Dikutip dari https://jabar.suara.com/read/2020/03/20/164723/sekelompok-orang-ngamuk-di-masjid-raya-bandung-karena-tak-boleh-salat-jumat

Cupsa, I. 2018. Culture Shock and Identity. Transactional Analysis Journal, 48(2), 181-191.

Darmawan, D., Miharja, D., Waluyajati, R. S. R., & Isnaeniah, E. 2020. Sikap Keberagamaan Masyarakat Menghadapi Wabah COVID-19. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 4(2), 115-124.

Furnham, A. 2019. Culture Shock: A Review of the Literature for Practitioners. Psychology, 10(13), 1832.

Ghadyani, M., Hussain, H., Odeh, W., & Wood, P. 2020. Issue 2: Responses to The COVID-19 Pandemic in Syria, Iran and Pakistan. Abdou Filali-Ansary Occasional Paper Series, (2), 1-33. https://ecommons.aku.ecu/uk_ismc_series_ops/2

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. 01 April, 2020. Kebijakan PSBB Pilihan Paling Rasional di Tengah Covid-19. Dikutip dari https://covid19.go.id/p/berita/kebijakan-psbb-pilihan-paling-rasional-di-tengah-covid-19

Gurbernur Jawa Barat. 2020. Peraturan Gurbernur Jawa Barat No. 36 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Berita Daerah Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 No. 36. Bandung: Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat.

Hamzah, A. R., & Cahyono, Heri. 2016. Agama dan Tantangan Budaya Modern Perspektif Islam. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial, dan Budaya, 1(2), 421-448.

Hanafi, Y., Taufiq, A., Saefi, M., Ikhsan, M. A., Diyana, T. N., Hadiyanto, A., Purwanto, Y., & Mawardi, A. I. 2020. Indonesian Ulema Council Fatwa on Religious Practices During Covid-19 Pandemic: An Investigation of Muslim Compliance. Reseach Square, 1-23. doi: https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-33784/v1

Handayani, P. G., & Yuca, V. 2018. Fenomena Culture Shock pada Mahasiswa Perantauan Tingkat 1 Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 198-204.

Hasbiyallah, H., Suntiah, R., Ainisyifa, H., & Fatimah, T. 2020. Fikih Corona: Studi Pandangan Ulama Indonesia Terhadap Ibadah dalam Kondisi Darurat Covid-19. Karya Tulis Islam Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI.

Hasibuan, E. M., & Yusram, M. 2020. Hukum Salat Berjemaah di Masjid dengan Saf Terpisah karena Wabah. BUSTANUL FUQAHA: Jurnal Bidang Hukum Islam, 1(2), 106-124.

Humaeni, A. 2016. Ritual Kepercayaan Lokal dan Identitas Budaya Masyarakat Ciomas Banten. El Harakah Jurnal Budaya Islam, 17(2), 157-181.

Husni, H., Bisri, H., Tantowie, T. A., Rizal, S. S., & Azis, A. 2020. Religious Community Responses to COVID-19: Case Study On Muslim Small Community. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 10439-10446.

Johnson, D.W. & Johnson, F.P. 2009. Joining Together: Group Theory and Group Skills, 10th Ed. New Jersey: Pearson

Menkes RI. 2020. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Nalarati, 1. 2015. Gambaran Culture Shock pada Mahasiswa Asing Asal Malaysia, Thailand, dan Vietnam UIN Sultan Syarif Kasim Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Neuliep, J. W. 2017. Culture Shock and Reentry Shock. The International Encyclopedia of Intercultural Communication, 1–9.

Pemerintah Indonesia. 2018. Undang-Undang Republik Indonesia nomor 6 Tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan. Lembaran RI Tahun 2018 No.218. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Presbitero, A. 2016. Culture Shock and Reverse Culture Shock: The Moderating Role of Cultural Intelligence in International Students’ Adaptation. International journal of intercultural relations, 53, 28-38.

Presiden RI. 2020. Peraturan Pemerintah RI No. 21 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Lembaran RI Tahun 2020 No. 91. Jakarta: Sekretariat Negara RI.

Rusyana, A. Y., Supriyadi, D., Khosim, A., & Nugroho, F. H. 2020. Fatwa Penyelenggaraan Ibadah di Saat Pandemi Covid-19 di Indonesia dan Mesir. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati.

Syarifah, S., & Wahyudi, W. 2016. Sinergitas Islam dan Budaya dalam Kearifan Lokal (Studi Kasus pada Komplek Pemakaman Raja-Raja Imogiri di Desa Panjaitan Imogiri). Jurnal Sosial Keagamaan dan Pendidikan Islam, 1 (1), 24-25.

Ulya, U. 2013. Ritus dalam Keberagaman Islam; Relevansi Ritus dalam Kehidupan Masa Kini. Fikrah, 1(1), 195-206.

Wibowo, A. 19 Maret, 2020. MUI Ajak Masyarakat Berikhtiar dan Berkontribusi Dalam Pencegahan Covid-19 Sesuai Fatwa MUI 14/2020. Dikutip dari https://covid19.go.id/p/berita/mui-ajak-masyarakat-berikhtiar-dan-berkontribusi-dalam-pencegahan-covid-19-sesuai-fatwa-mui-142020




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v3i2.8019

Copyright (c) 2020 JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI AGAMA (JISA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by