RADIKALISME DALAM PERSFEKTIF ISLAM DAYAH DI ACEH

Rizki Rizki Yunanda

Abstract


Radikalisme merupakan sebuah gerakan aliran menyimpang (sesat) yang menginterpretasi teks Al-quran secara tertutup. Konflik Aswaja (Ahlussunnah Waljama’aah) atau pemikiran Islam dayah dengan salafi wahabi merupakan pertentangan melawan paham radikalisme dari Islam dayah. Dalam persfektif Islam dayah Tidak ada relevansi antara jihad dengan radikal, idiologi radikalisme diciptakan oleh golongan wahabi Aceh dan tidak berkembang di kalangan Islam dayah di Aceh. Tulisan ini mengkaji mengenai perfektif Islam dayah terhadap radikalisme. Data yang ditemukan menunjukkan Islam dayah menegaskan Istilah radikalisme dan terorisme adalah samatan oleh golongan anti Islam. Islam agama yang mengajarkan cinta damai dan rukun terhadap umat beragama. Karena itu tindakan radikalisme tidak dilakukan oleh yang beragama Islam, namun dilakukan oleh oknum yang mengatasnamakan Islam, selain itu radikalisme juga merupakan ciptaan atau peranakkan oleh sekelompok kepentingan yang ingin mengkotak-kotakkan Islam, bunuh diri tidak ada dalam Islam, bunuh diri adalah paham sesat yang memamfaatkan kebodohan masyarakat awam terhadap pengetahuan tentang Agama. Kebanyakan terikontamidasi dengan pemahaman sesat dalam pergerakan mengatasnamakan jihad. buktinya pergerakan Jama’ah Islamiyah Indonesia yang berkembang di Aceh tahun 2010. Tidak ada ulama Aceh terlibat ketika itu, sebaliknya para ulama mengeluarkan fatwa dan sepakat untuk menolak kehadiran kelompok yang dianggap sesat dan menyimpang di Aceh.


Keywords


Radikalisme, Persfektif Islam Dayah Aceh

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Al Chaidar & Herdi Sahrasad. 2017. Fundamentalisme, Terorisme Dan Radikalisme Perspektif Atas Agama, Masyarakat Dan Negara. Freedom Foundation & Centre for Strategic Studies - University of Indonesia (CSS-UI)

Abidin Nurdin. 2014. Studi Agama Konsepsi Islam Terhadap Pelbagai Persoalan Kemanusiaan. Bali: Pustaka Larasan.

Alchaidar. 1999. Gerakan Aceh Merdeka; Jihad Rakyat Aceh Mewujudkan negara Islam, Jakarta: Madani Press

Kamaruzzaman Bustamam Ahmad. 2017. Acehnologi, Banda Aceh: Bandar Publishing.

____________________________. 2016. Memahami Potensi Radikalisme dan Terorisme Di Aceh , Banda Aceh: Bandar Publishing.

____________________________. 2005. Ulama, Separtisme dan Radikalisme Di Aceh, Banda Aceh: KAUKABA.

M. Nuh, Nuhrishon. 2009. Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Faham/Gerakan Islam Radikal di Indonesia, Jurnal Harmoni, Jurnal Multikultural & Multireligius Vol. VIII, Juli-September.

Trevor Aaronson. 2013. The Terror Factory. Inside The Fbi’s Manufactured War On Terrorism. Library of Congress Cataloging-in-Publication.

Iskandar. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v2i2.6383

Copyright (c) 2019 JISA (JURNAL ILMIAH SOSIOLOGI AGAMA)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed by