ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBOIKOT PRODUK ISRAEL (STUDI KASUS PADA KOMUNITAS JULID FISABILILLAH DI MEDIA SOSIAL TELEGRAM)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, and Sauda Julia Merliyana.
“Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1): 974–80.
doi:10.33487/edumaspul.v6i1.3394.
Collins, Sean P, Alan Storrow, Dandan Liu, Cathy A Jenkins, Karen F Miller, Christy Kampe, and Javed
Butler. 2021. “KEPUTUSAN BOIKOT PRODUK ISRAEL: TINJAUAN PERILAKU
KONSUMEN.” 5(1): 15–28.
Dwi Novaria Misidawati, Umi Rahmawati, dkk. 2024. “Peran Media Sosial Terhadap Penerapan Boikot
Produk Israel Di Indonesia.” Edunomika 08(02): 1–12.
Erlangga, Greschinov. 2024. Julid Fi Sabilillah. ed. Ramadhan Sakti. Jakarta Selatan: Rene Turos Group.
Fatah, Rahmat Abdul. 2024. “Rasionalitas Pemilih Muhammadiyah Menjelang Pemilihan Presiden
Indonesia Tahun 2024.” Sospol 10(1): 30–42. doi:10.22219/jurnalsospol.v10i1.31926.
Fatimah, Siti, Eliyanto Eliyanto, and Alfi Nurul Huda. 2022. “Internalisasi Nilai-Nilai Religius Melalui
Blended Learning.” Alhamra Jurnal Studi Islam 3(2): 169. doi:10.30595/ajsi.v3i2.14569.
Review.”
Firmansyah, Deri, and Dede. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian:
Literature
Jurnal
doi:10.55927/jiph.v1i2.937.
Ilmiah
Pendidikan
Holistik
(JIPH)
(2):
–114.
Herdiansyah, Haris, Siska Safitri Safitri, Lidya Alviona Handayani, Elvira Nur Eka Wibowo, and
Muhamad Alrafi Jatmiko. 2024. “Pengaruh Paparan Media Sosial, Loyalitas Dan Konformitas
Terhadap Keputusan Pembeli Produk Mcdonald’s Pasca Boikot.” Gandiwa Jurnal Komunikasi 4(1):
–71. doi:10.30998/g.v4i1.2873.
Irwanto, Wahyu Mukhlis, Oman Sukmana, and Rahmad K Dwi Susilo. 2025. “Gerakan Sosial Digital
Netizen Indonesia Dalam Konflik Israel Palestina.” Innovative: Journal Of Social Science Research
(1): 4020–33. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/17862.
Mas’ud, Abd. Rahman. 2015. “Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama Gedung Kementerian
Agama Jl. M.H. Thamrin No.6 Jakarta Pusat Telp/Fax. (021) 3920688-3920662 W.” Jurnal
Penelitian dan Kajian Keagamaan 38(1): 3–26.
Miftahul Fikria, and Agoes Moh. Moefad. 2024. “Analisis Teori Tindakan Sosial MAx Weber Dan Teori
Fakta Sosial Emile Durkheim Dalam Pengenalan Tradisi Lokal Kemasyarakatan.” An-Nuha : Jurnal
Kajian Islam, Pendidikan, Budaya dan Sosial 11(1): 85–96. doi:10.36835/annuha.v11i1.546.
Millah, Ahlan Syaeful, Apriyani, Dede Arobiah, Elsa Selvia Febriani, and Eris Ramdhani. 2023. “Analisis
Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas.” Jurnal Kreativitas Mahasiswa 1(2): 140–53.
Moslem, Habibah, Ahmad Rodoni, Ali Rama, Hasbi Abdul Al-Wahhab KH, and Yahya Rivai. 2024.
Terafiliasi
“Dampak Gerakan Boikot Dan Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 Terhadap Kinerja Saham
Perusahaan
Israel.”
Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 7(2): 330–41.
https://doi.org/10.25299/syarikat.2024.vol7(2).15184.
Nadila, Reza Ulda, Achmad Syarifudin, and Lilis Sukmawati. 2024. “Analisis Wacana Pemberitaan
Tentang Konflik Palestina Dan Israel Pada Media Online CNBC Indonesia.Com.” Social Science
and Contemporary Issues Journal 2(2): 347–53. doi:10.59388/sscij.v2i2.487.
Ni`am, Mohammad Fattahun. 2024. “Julid Fi Sabilillah: Gerakan Virtual Solidaritas Palestina Di
Indonesia.” : 1–174.
Prahesti, Vivin Devi. 2021. “Analisis Tindakan Sosial Max Weber Dalam Kebiasaan Membaca Asmaul
Husna Peserta Didik MI/SD.” AN NUR: Jurnal Studi Islam 13(2): 137–52.
doi:10.37252/annur.v13i2.123.
Pratama, Ananda Rizki. 2022. “Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Pengambilan Keputusan
Pembelian Olahan Keripik Tempe Rini Snack Di Kota Duri.” Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi
dan Bisnis. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/14627.
Rizki, Darlin, Fikriya Aniqa Fitri, and Nisa Ulmuftia. 2025. “Peran Media Sosial Dalam Mendorong
Perilaku Konsumen Terhadap Boikot Produk Israel.” Journal of Sharia Economy and Islamic
Tourism 5(2): 72. doi:10.31764/jseit.v5i2.30659.
Rohaya, Rohaya, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution, and Budi Dharma. 2024. “ANALISIS FAKTOR
PERILAKU KONSUMSI TERHADAP KEPUTUSAN BOIKOT PRODUK ISRAEL : STUDI
KASUS PADA GENERASI Z UNIMED.” Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan 13(03):
–50. doi:10.22437/jmk.v13i03.36882.
Santi, Selvia. 2024. “Gerakan Julid Fisabilillah: Fenomena New Social Movement Melalui Media Sosial
Dalam Konflik Israel-Palestina.” Jurnal ICMES: The Journal of Middle East Studies 8(1): 83–101.
Sormin, Samsu Karim, and Farra Diba Maulida Malik. 2024. “Perilaku Konsumsi Terhadap Boikot
Produk Pro Israel.” Karimah Tauhid 3(3): 3114–20. doi:10.30997/karimahtauhid.v3i3.12443.
Suherman, Muhammad Farras Nasrida, Dicky Perwira Ompusunggu, Tiur Roida Simbolon, and Andhika
Pratama. 2024. “Makna Nilai Agama Dalam Keputusan Boikot Produk (Studi Kualitatif Pada
Komunitas Muslim Dan Non Muslim Di Palangka Raya).” Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial (JPIPS), Desember 2024(16): 294–300.
Sumadi, Destia Alfitri Handayani. 2024. “Gerakan Pemetaan Indonesia Sosial Bentuk Sebagai Tugas
Akhir.”
Sutrisno, Hanif Saputra Affandi, Lathifah Lanonci, Rezky Amalia Hamka, and Edi Rahmat Taufik. 2024.
“Analisis Perilaku Konsumen Islam Terhadap Boikot Produk Israel.” El-Mal: Jurnal Kajian
Ekonomi & Bisnis Islam 5(7): 4128–41. doi:10.47467/elmal.v5i7.4403.
Wahyuni, Sri, Umi Khulsum, Zahra Nur Fadila, Lilis Apriliani, and Hilmiatus Sahla. 2024. “Pengaruh
Faktor Sosial Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Boikot Produk Pro Israel: Studi Kasus
Pada Generasi Z Di Kota Kisaran.” AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745
5(01): 103–14. doi:10.37680/almikraj.v5i01.5616.
Wibowo, Prastu heri, and Agus Mahfud Fauzi. 2021. “Rasionalitas Masyarakat Memilih Calon Bupati
Milenial Di Kalangan Sesepuh Desa Sumberbening Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek.” :
–99.
Widodo, Wahyu Agung+, and Setya Yuwana Sudikan. 2021. “Representasi Tokoh Dalam Novel Alkudus
Karya Asef Saeful Anwar:Kajian Tindakan Sosial Max Weber.” Bapala 8: 202–19.
Widyasaputri, Erlindasari. 2012. “Analsiss Mekanisme Corporate Governance Pada Perusahaan Yang
Mengalami Kondisi Financial Distress.” Aaj 1(2): 1–8. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/aaj.
Wirawan Widjanarko, Hadita Hadita, Farhan Saputra, and Y.A. Didik Cahyanto. 2023. “Determinasi
Kemudahan Akses Informasi Bagi Keputusan Investasi Gen Z.” Digital Bisnis: Jurnal Publikasi
Ilmu Manajemen dan E-Commerce 2(4): 248–64. doi:10.30640/digital.v2i4.1789
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jisa.v8i2.25756
Copyright (c) 2025 Alfi Lailatul Janah, Siti Badi’ah, Faisal Adnan Reza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



