NARASI PENDIDIKAN DARI TANAH BETAWI: Pemikiran Sayyid Usman tentang Etika Akademik

Radinal Mukhtar Harahap

Abstract


Abstrak: Studi ini mengkaji pemikiran Sayyid Usman tentang etika pendidikan dalam perspektif Islam. Studi ini perlu dilakukan mengingat belum banyak studi tentang tokoh lokal dari Nusantara yang berkontribusi dalam bidang pendidikan Islam. Artikel ini merupakan hasil penelitian kepustakaan yang mengandalkan metode analisis isi, dan mengajukan temuan bahwa Sayyid Usman menulis sebuah karya dalam bidang etika yang berjudul Âdâb al-Insân. Kitab ini relatif kurang diteliti dalam sudut pandang pendidikan Islam. Berdasarkan telaah terhadap naskah Nusantara ini, penulisnya menegaskan bahwa pendidikan merupakan solusi utama dalam rangka memperbaiki adab orang-orang jahat dengan mengajarkan serangkaian adab yang melingkupi aspek kepribadian, sosial dan profesionalitas. Studi ini berkontribusi dalam penguatan gugusan literatur dalam bidang pendidikan Islam mengingat tidak banyak tokoh Nusantara yang dikenalkan dan dikaji di perguruan tinggi Islam.

Abstract: Paedagogical Narrative from Betawi Land: Sayyid Usman’s Thoughts on Educational Ethics. This study examines Sayyid Usman’s thinking concerning the ethics of education in an Islamic perspective. This study is necessary considering the scarcity of research on local scholars who have contributed to the field of Islamic education. This article is the result of library research that relies on the method of content analysis, and proposes findings that Sayyid Usman wrote a work in the field of ethics, entitled Âdâb al-Insân. This book is relatively under-researched in the perspective of Islamic education. Based on a review of this archipelago script, the author emphasizes that education is the main solution in improving the ethics of bad people by teaching a series of âdâb which covers aspects of personality, social and professionalism. This study contributes to the strengthening of the literature in the field of Islamic education considering that there are not many Nusantara figures introduced and studied in Islamic Higher Education institutions.

Kata Kunci: pendidikan, etika, Nusantara, Betawi, Sayyid Usman


Full Text:

PDF

References


Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. The Concept of Education in Islam: A Framework for An Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC, 1999.

Al-Jambânî, Muhammad Hasyim Asy‘arî. Âdâb al-‘Âlim wa al-Muta‘allim: fî Mâ Yahtaj Ilaih al-Muta‘allim fî Ahwâl Ta‘allumih wa mâ Yatawaqqaf ‘Alaih al-Mu‘allim fî Maqâmât Ta‘lîmih. Jombang: Pustaka Tebu Ireng, 2016.

As’ad, Mahrus. “Pembaruan Pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari,” dalam Tsaqafah: Jurnal Peradaban Islam, Vol. 8, No. 1, 2012.

Asari, Hasan. “The Educational Thought of al-Ghazali: Theory and Practice.” Thesis: McGill University, 1993.

Asari, Hasan. Etika Akademis dalam Islam: Studi tentang Kitab Tazkirat al-Sami wa al-Mutakallim karya Ibn Jama’ah. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.

Athoillah, Ahmad. “Kritik Sayid Utsman bin Yahya terhadap Ideologi Jihad dalam Gerakan Sosial Islam pada Abad 19 dan 20,” dalam Refleksi, Vol. 13, No. 5, Oktober 2013.

Azra, Azyumardi. Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal, terj. Iding Rosyidin Hasan. Bandung: Mizan, 2002.

Baso, Ahmad. Islam Pasca-Kolonial: Perselingkuhan Reformisme Agama, Kolonialisme dan Liberalisme. Tangerang Selatan: Pustaka Afid, 2005.

Berg, L.C.W. Van Den. Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara, terj. Rahayu Hidayat. Jakarta: INIS, 1989.

Burhanuddin, Jajat. “Islam dan Kolonialisme: Sayyid Usman dan Islam di Indonesia Masa Penjajahan,” dalam Studia Islamika, Vol. 22, No. 1, 2015.

Burhanuddin, Jajat. Islam dalam Arus Sejarah Indonesia . Jakarta: Kencana, 2017.

Daulay, Haidar Putra. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Prenada, 2016.

Freitag, Ulrike. Indian Ocean Migrants and State Formation in Hadhramaut: Reforming the Homeland. Leiden: Brill NV, 2003.

Gobee, E. dan C. Adriaanse. Nasihat-Nasihat C. Snouck Hurgronje Semasa Kepegawaiannya Kepada Pemerintah Hindia Belanda 1889-1936, Seri Khusus INIS V. Jakarta: INIS, 1991.

Harahap, Syahrin. Metodologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi. Jakarta: Prenada, 2011.

Ilyas, Ahmad Fauzi. Warisan Intelektual Ulama Nusantara: Tokoh, Karya dan Pemikiran. Medan: Rawda Publishing, 2018.

Ja‘far. “Tarekat dan Gerakan Sosial Keagamaan Shaykh Hasan Maksum,” dalam Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, Vol. 5, No. 2 (December 7, 2015).

Kaptein, Nico J.G. Islam, Kolonialisme dan Zaman Modern di Hindia Belanda: Biografi Sayid Usman (1822-1914). Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2017.

Khuluq, Lathiful. “K.H. Hasyim Asy’ari’s Contribution to Indonesian Independence,” dalam Studia Islamika, Vol. 5, No. 1, 1998.

Kiki, Rakhmad Zailani. Genealogi Intelektual Ulama Betawi: Melacak Jaringan Ulama Betawi dari awal Abad ke-19 sampai Abad ke-21. Jakarta: Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta, 2011.

Mansur. “Pemikiran Sayyid Usman Tentang Akhlak Manusia: Konsep Akhlak dan Implikasinya bagi Pengembangan Ilmu Pengetahuan.” Disertasi: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2005.

Noer, Deliar. Gerakan Modern Islam di Indonesia. Jakarta: LP3ES, 1982.

Noupal, Muhammad. “Kontroversi Tentang Sayyid Usman bin Yahya (1822-1914) Sebagai Penasehat Snouck Hurgronje,” dalam Conference Proceeding Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, Surabaya, 5-8 November 2012.

Noupal, Muhammad. “Kritik Sayyid Usman bin Yahya terhadap Gerakan Pembaharuan Islam di Indonesia: Studi Sejarah Islam di Indonesia Abad 19 dan Awal Abad 20,” dalam Jurnal Ilmu Agama, No. 2, Th. XIV, Desember, 2013.

Noupal, Muhammad. “Pemikiran Keagamaan Sayyid Usman bin Yahya (1822-1914): Respon dan Kritik Terhadap Kondisi Sosial Keagamaan di Indonesia.” Disertasi: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2008.

Nurhasanah. “Kontribusi Sayyid Usman dalam Kehidupan Keagamaan Masyarakat Islam Batavia (1862-1914).” Tesis: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2017.

Riau, Raja Ali al-Haji. Tuhfat al-Nafis: Sejarah Melayu dan Bugis. Singapura: Malaysia Printers, 1965.

Salminawati. “Etika Pendidik dalam Perspektif Imam al-nawawî,” dalam MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, Vol. XL No. 2 Juli-Desember 2016.

Steenbrink, Karel A. Beberapa Aspek Tentang Islam di Indonesia Abad ke-19. Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

Wensinck, A. J. al-Mu‘jam al-Mufahras li Alfâzh al-Hadîts al-Nabawi, Jilid I. Leiden: E. J. Brill, 1936.

Yahya, Sayyid Abdullah bin Usman bin Abdullah bin Aqil bin Umar bin. Sulûh Zamân. Jakarta: Percetakan Sayyid Utsman, t.t.

Yahya, Sayyid Alwi bin Usman bin Abdullah bin Aqil bin Umar bin. Qamar al-Zamân. Petamburan: Percetakan Sayyid Utsman, t.t.

Yahya, Sayyid Usman bin Abdullah bin Aqil bin Umar bin. Âdâb al-Insân. t.t.p.: Maktabah wa Mathba‘ah Menara Kudus, t.t.

Yahya, Sayyid Usman bin Abdullah bin Aqil bin Umar bin. I‘anât al-Mustarsyidîn ‘alâ Ijtinâb al-Bida’ fî al-Dîn. Batavia: Matba‘ah al-Mubarakah, 1329/1911.

Yahya, Sayyid Usman bin Abdullah bin Aqil bin Umar bin. Risâlah Dua Ilmu. Jatinegara: al-Syirkah al-Thahiriyah li al-Nasyr, t.t.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/jcims.v2i2.2919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing and Abstracting:

 

 
Editorial Office:
Kampus II Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Jl. Williem Iskandar Psr V, Medan Estate, Medan, North Sumatra, Indonesia, 20371, Telp. (061) 6615683-6622925

Email: jcims@uinsu.ac.id

 

Creative Commons License

Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies [ISSN 2528-6110 (print) | ISSN 2528-7435 (online)] is published by the UINSU Press, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/JCIMS/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright 2023 Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Powered by Public Knowledge Project OJS.

View My Stats